Search This Blog

Pendiri Android Mau Jual Bisnis Ponsel Essential?

Essential

Ponsel Essential PH-1. (Foto: Essential)
Essential, vendor smartphone yang didirikan oleh salah satu pencipta Android Andy Rubin, tampaknya akan melewati tahun 2018 tanpa meluncurkan produk ponsel baru. Tidak hanya itu, perusahaan juga disebut bakal dijual. Kenapa?
Menurut laporan Bloomberg, Essential dikabarkan telah membatalkan rencana mengembangkan ponsel keduanya. Walau detailnya tidak disebutkan, namun penjualan ponselnya yang kurang memuaskan diduga menjadi faktor utama.

Para teknisi Essential kabarnya lebih memilih mengerjakan produk rumah pintar, yang dijadwalkan rilis tahun depan. Produk yang dimaksud ini seharusnya bakal menjadi pesaing Google Home atau Amazon Echo.

Bisnis ponsel masih dipertimbangkan oleh Essential, hanya saja mereka tidak merancang perangkat tersebut sendirian. Perusahaan disebut menggandeng Foxconn untuk terlibat menangani pengembangan ponsel Essential.

PH-1, ponsel perdana Essential, hanya terjual 150 ribu unit saja sejak dijual perdana pada Agustus 2018 lalu.

Essential Home

Essential Home dengan sistem Ambient OS. (Foto: Essential)

Ada Rencana Jual Bisnis Essential?

Walau penjualan tersebut terbilang mengecewakan, namun belum ada tanda-tanda Essential bakal menyerah. Jika itu terjadi, perusahaan dikabarkan akan menjual segala hal yang dimilikinya, mulai dari paten, peranti keras, hingga proyek masa depan, serta mengalihkan karyawannya ke pemilik baru.

Essential sendiri sudah memberikan tanggapan dan mengkonfirmasi mengenai pembatalan pengembangan ponsel kedua.

"Kami selalu memiliki beberapa produk dalam pengembangan pada saat yang sama dan termasuk membatalkan beberapa yang kami pikir akan menjadi lebih besar," kata juru bicara Essential seperti dikutip The Verge.

"Kami menempatkan semua upaya kami menuju masa depan, produk yang mengubah permainan, yang mencakup produk seluler dan rumahan."

Ponsel Essential buatan Andy Rubin (NOT COVER)

Ponsel Essential buatan Andy Rubin. (Foto: Essential)
Sementara itu Andy Rubin memberikan sedikit gambaran tentang proses yang saat ini dilalui perusahaan dalam sebuah email ke karyawan. Dalam milis tersebut, seperti dilansir The Information, dikatakan mereka 'tengah bekerja sama dengan para bankir untuk mencari uang tambahan'.

"Tidak ada (termasuk saya) yang tahu apa yang terbaik untuk perusahaan," tulis Rubin dalam email tersebut.

Essential PH-1 mengawali debutnya pada Agustus 2017 lalu dan langsung menarik perhatian banyak orang dengan desain bezel tipisnya yang khas. Sayang, desain tersebut banyak dicontek vendor lain dan ponsel gagal menemui ekspektasi pengguna.

Ponsel juga disebut memiliki banyak masalah di bagian software dan kamera yang kurang bagus. Ditambah, PH-1 dibanderol dengan harga 699 dolar AS yang membuatnya sejajar dengan ponsel premium lainnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://kumparan.com/@kumparantech/pendiri-android-mau-jual-bisnis-ponsel-essential

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pendiri Android Mau Jual Bisnis Ponsel Essential?"

Post a Comment

Powered by Blogger.