Search This Blog

Tiga Penulis Tuntut NVIDIA Terkait Kasus Hak Cipta AI • Jagat Review - Jagat Review

Reading time:

March 11, 2024

image 25

Tiga orang penulis dilaporkan tengah mengajukan tuntutan ke NVIDIA terkait hak cipta yang digunakan oleh pelatihan model AI tanpa ijin.

Adapun tiga orang penulis ini adalah Brian Keene, Abdi Nazemian, dan Stewart O’Nan, di mana ketiganya menuduh NVIDIA telah memasukkan hasil karya tulis mereka ke dalam kumpulan data NVIDIA yang jumlahnya lebih dari 200.000 buku untuk digunakan sebagai pelatihan model AI NeMo untuk meniru penulisan bahasa secara alami.

Pihak NVIDIA sendiri sempat dilaporkan telah menghapus kumpulan data tersebut pada Oktober 2023 kemarin karena klaim pelanggaran hak cipta, tetapi pihak penulis menyebutkan bahwa tindakan penghapusan data yang dilakukan pihak perusahaan ini merupakan pengakuan bersalah.

Gugatan ini dilayangkan ke pengadilan federal San Fransisco di mana usulan ini menyatakan bahwa pihak penulis meminta ganti rugi yang belum ditentukan bagi penulis AS yang karya berhak cipta miliknya berpotensi dimasukkan ke dalam data pelatihan model AI NeMo dalam tiga tahun terakhir. Pihak NVIDIA sendiri belum mau berkomentar banyak perihal gugatan yang mereka dapatkan dari para penulis ini.

(sumber)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiWmh0dHBzOi8vd3d3LmphZ2F0cmV2aWV3LmNvbS8yMDI0LzAzL3RpZ2EtcGVudWxpcy10dW50dXQtbnZpZGlhLXRlcmthaXQta2FzdXMtaGFrLWNpcHRhLWFpL9IBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiga Penulis Tuntut NVIDIA Terkait Kasus Hak Cipta AI • Jagat Review - Jagat Review"

Post a Comment

Powered by Blogger.