Search This Blog

5 Penyebab Laptop Tiba-tiba Hang dan Cara Mengatasinya - detikInet

Daftar Isi

Jakarta -

Saat ini sudah banyak laptop yang mengusung fitur dan spesifikasi mumpuni agar berfungsi secara optimal. Namun, masih ada kasus di mana laptop tiba-tiba mengalami hang saat digunakan.

Kondisi ini tentu menghambatmu yang sedang bekerja atau menyelesaikan tugas. Bahkan, laptop bisa hang dalam waktu yang cukup lama dan kamu tak bisa berbuat apa-apa.

Tapi jangan panik, sebenernya ada sejumlah cara untuk mengatasi laptop hang. Selain itu, ketahui juga penyebab laptop jadi hang agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop hang? Simak tipsnya dalam artikel ini.

Penyebab Laptop Tiba-tiba Hang

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan laptop tiba-tiba hang saat digunakan. Dilansir situs Life Wire, berikut sejumlah penyebab umumnya:

ADVERTISEMENT
  • Perangkat lunak (software) sudah tidak kompatibel lagi, sehingga harus membeli perangkat baru
  • Ada aplikasi yang terinstall mengalami hang, sehingga membuat laptop juga ikut nge-hang.
  • Adanya virus atau malware yang menyerang software di laptop
  • Hard Disk Drive (HDD) atau Solid-State Drive (SSD) mengalami masalah
  • Terlalu banyak file sampah (junk file) yang belum dibuang.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Kalau laptop tiba-tiba hang, jangan langsung panik dan khawatir. Sebab, ada sejumlah cara mudah untuk mengatasi laptop nge-hang.

Mengutip laman PCMag, berikut sejumlah cara mengatasi laptop hang:

1. Diamkan Sejenak

Cara yang pertama adalah dengan mendiamkan laptop selama beberapa saat. Cara ini dilakukan agar laptop bisa 'menyelesaikan' tugas yang telah diperintahkan manusia.

Bisa jadi, saat kamu membuka aplikasi atau file yang berat, di waktu yang bersamaan kamu membuka file besar lainnya. Hal ini membuat program aplikasi terlalu banyak memakan RAM dan sumber daya CPU, alhasil seluruh sistem jadi tidak responsif.

Oleh sebab itu, cobalah tunggu selama 5-10 menit ketika laptop mengalami hang. Cara ini biasanya berhasil dilakukan.

2. Jangan Tekan atau Klik Apapun

Selama laptop hang, sebaiknya hindari menekan tombol atau mengklik apapun secara acak dan berkali-kali. Langkah tersebut justru membuat beban kerja laptop semakin berat, sehingga laptop makin tambah nge-hang.

Seperti cara di atas, cobalah tunggu selama 5-10 menit sampai laptop mulai normal kembali.

3. Ctrl+Shift+Esc

Jika lebih dari 10 menit dan laptop masih nge-hang, solusi berikutnya adalah dengan memunculkan Task Manager. Karena laptop hang, cara membuka Task Manager adalah lewat kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc.

Setelah Task Manager terbuka, kamu bisa mengetahui proses mana yang menghabiskan sumber daya CPU dan memakan banyak RAM. Jika sudah ketemu, cukup klik 'End Task Button' untuk menonaktifkan proses yang sedang berjalan, lalu perlahan laptop jadi normal kembali.

4. Win+Ctrl+Shift+B

Ada cara lain untuk mengatasi laptop hang, yakni dengan menekan tombol logo Windows (Win)+Ctrl+Shift+B. Langkah ini akan membuat Windows untuk melakukan refresh layar dengan cara restart.

Jangan kaget jika kamu mendengar bunyi bip pendek, karena suara tersebut merupakan bagian dari proses restart. Nantinya layar komputer akan berkedip dan redup selama beberapa detik.

5. Matikan Paksa dan Nyalakan Kembali

Kalau laptop benar-benar tak bisa digunakan alias stuck, cara terakhir adalah dengan mematikan laptop secara paksa. Setelah mati, tunggu sekitar 10 detik dan nyalakan kembali.

Caranya, cukup tekan dan tahan tombol power sampai laptop mati. Setelah itu, tekan tombol power sekali untuk melakukan booting kembali dari awal.

Sayangnya, cara ini membuat sejumlah dokumen atau aplikasi yang sedang dibuka jadi hilang. Namun, jika detikers melakukan penyimpanan secara Auto-save, mungkin ada beberapa dokumen yang bisa diselamatkan.

Untuk mengetahui apakah dokumen tersebut masih ada atau tidak, buka File > Info > Manage Document(s) > Recover Unsaved Document.

Jika kamu membuka dokumen atau sedang menelusuri situs di internet, silahkan mencarinya lagi di kolom 'History' untuk dimuat ulang.

Itu dia lima penyebab laptop tiba-tiba hang serta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Simak Video "Momen Maling Laptop Bermodus Tukar Buku dalam Bus Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiZWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vdGlwcy1kYW4tdHJpay9kLTcyNTg1MTAvNS1wZW55ZWJhYi1sYXB0b3AtdGliYS10aWJhLWhhbmctZGFuLWNhcmEtbWVuZ2F0YXNpbnlh0gFpaHR0cHM6Ly9pbmV0LmRldGlrLmNvbS90aXBzLWRhbi10cmlrL2QtNzI1ODUxMC81LXBlbnllYmFiLWxhcHRvcC10aWJhLXRpYmEtaGFuZy1kYW4tY2FyYS1tZW5nYXRhc2lueWEvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Penyebab Laptop Tiba-tiba Hang dan Cara Mengatasinya - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.