Search This Blog

WhatsApp Mulai Dijejali Iklan

Jakarta - Facebook telah mengkonfirmasi bahwa layanan pesan instan miliknya, yakni WhatsApp akan mulai dijejali iklan pada tahun 2019 nanti. Hal tersebut pun mulai diimplementasikan untuk pengguna aplikasinya versi iOS.

Seperti yang dilaporkan oleh WABetaInfo lewat cuitannya di Twitter, mengatakan bahwa WhatsApp sudah mulai menerapkan iklan di aplikasi iOS.


Nantinya iklan tersebut akan dimunculkan fitur Stories. Langkah tersebut diakui mengikuti apa yang dilakukan oleh Instagram sebelumnya.

WhatsApp sendiri diluncurkan pertama kali pada tahun 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum. Ketika itu, mereka mengatakan ingin menjaga aplikasinya bebas dari iklan dan sangat mementingkan privasi penggunanya.

Namun, pada tahun 2014 setelah diakuisi oleh Facebook senilai USD 22 miliar, harapan kedua pendiri tersebut harus sirna, lantaran perusahaan Mark Zuckerberg ini melihat ada peluang bisnis di aplikasi pesan ini. Tak mengherankan kejelian Facebook, sebab saat ini pengguna WhatsApp tembus 1,5 miliar pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia.


Soal iklan ini, Acton mengusulkan pengguna WhatsApp membayar, jika sudah menghabiskan jatah mengirim pesan gratis dalam jumlah tertentu.

"Dengan ini, tidak perlu kekuatan penjualan yang besar. Ini adalah bisnis sederhana," kata dia.

Tapi usulan Acton ditolak oleh Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg. Alasannya metode itu tidak akan menghasilkan banyak uang. Pertentangan itulah yang menjadi salah satu alasan Acton akhirnya memutuskan mundur dari Facebook. (jsn/agt)

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://inet.detik.com/cyberlife/d-4234203/whatsapp-mulai-dijejali-iklan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WhatsApp Mulai Dijejali Iklan"

Post a Comment

Powered by Blogger.