Search This Blog

Menggenggam Sesaat Duo Xiaomi Mi A2, Android One Kedua

Jakarta, CNN Indonesia -- Tepat setahun setelah kehadiran Mi A1, Xiaomi kembali menghadirkan generasi penerus Android One yakni Mi A2 dan Mi A2 Lite ke Indonesia.

Head of Xiaomi South Pacific Region sekaligus Xiaomi Indonesa Country Manager, Steven Shi dalam jumpa pers pada Kamis (20/9) mengatakan keduanya hadir dengan fitur hasil kolaborasi antara pihaknya dan Google.

Meski memiliki nama yang nyaris sama, keduanya memiliki perbedaan signifikan saat dilihat dari ukuran dan desain layar. CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal langsung keduanya usai peluncuran di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (20/9).


Desain bersih tanpa tombol

Mi A2 dan Mi A2 Lite mengusung layar full screen display tanpa tombol. Seluruh tombol yang biasanya terdapat di bawah layar sudah dibenamkan ke dalam layar, sehingga bagian depan ponsel tampak bersih.

Perangkat Mi A2 memiliki layar berukuran 5,99 inci dengan rasio 18:9 dan dilindungi oleh 2,5D Corning Gorilla Glass. Sedangkan, Mi A2 Lite yang berdimensi lebih kecil memiliki layar berukuran 5,84 inci dengan rasio 19:9.

Bagian atas layar keduanya jadi pembeda signifikan. Mi A2 Lite mengusung desain layar 'poni' atau notch, tempat dibenamkannya sensor, speaker, dan kamera depan. Sedangkan model Mi A2 tak ada 'poni' dengan dalih Xiaomi ingin memberikan pilihan yang bervariasi kepada pelanggan.

"Tak semua orang menyukai keberadaan notch. Sebagian orang menyukainya, tapi ada pula sebagian orang yang merasa terganggu dengan keberadaannya. Oleh sebab itu, kami memberikan dua pilihan untuk pelanggan," tutur Shi.

Xiaomi Mi A2 Lite. (Foto: Xiaomi)
Selain itu, hal lain yang juga terdapat pada model Mi A2 Lite tetapi absen pada bodi Mi A2 adalah audio jack. Hal ini disebabkan oleh dimensinya yang sangat tipis, yakni 15,87mm x 75,4mm x 7,3mm. Sedangkan, Mi A2 Lite  memiliki dimensi lebih kecil dan lebih tebal, yakni 149,33mm x 71,68mm x 8,75mm.

Pada bagian belakang kedua ponsel, di sisi kiri atas terdapat dua buah kamera timbul yang dijejerkan secara vertikal dengan lampu flash di antara keduanya. Sedikit di bawah letak kamera, di bagian tengah bodi terdapat pemindai sidik jari khas Xiaomi.

Tren Kamera Ganda

Mengikuti tren yang mewajibkan ponsel pintar dapat mengambil foto dan video dengan ciamik, baik model Mi A2 maupun Mi A2 Lite dibekali dengan kamera ganda di bagian belakang.

Di dalam Mi A2, Xiaomi menanamkan kamera pertama beresolusi 12MP dengan ukuran piksel 1.25mikrometer dan bukaan lensa f/1.75. Sedangkan, kamera kedua yang beresolusi 20MP dilengkapi sensor Super Pixel 2mikrometer dan bukaan lensa yang sama, f/1.75.

Shi mengklaim ukuran sensor yang besar memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil jepretan yang terang, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Selain itu, Mi A2 memiliki kamera depan dengan resolusi 20MP yang juga dibekali dengan sensor Super Pixel 2mikrometer. Fitur selfie-light di kamera depan bisa membantu menerangi wajah saat berswafoto di tempat gelap.

Foto: CNN Indonesia/RBC

Menyoal kamera, Mi A2 memang lebih unggul ketimbang adiknya, Mi A2 Lite. Walau ia juga memiliki dua buah kamera belakang, masing-masing hanya beresolusi 12MP dan 5MP. Sedangkan, kamera depannya memiliki resolusi 5MP dengan bukaan lensa f/2.0.

Meski demikian, Xiaomi mengklaim keduanya dapat mengabadikan momen dengan baik, dibantu dengan berbagai fitur seperti memberikan efek bokeh pada latar belakang dan fitur beautify.

Dapur Pacu dan Baterai

Xiaomi membenamkan cipset Snapdragon milik Qualcomm dengan dua varian berbeda untuk keduanya. Pada Mi A2, dibenamkan cipset flagship yakni Snapdragon 660 dengan mesin AI. Untuk penyimpanan, perangkat ini memiliki RAM sebesar 4GB dan ROM sebesar 64GB.

Sedangkan, Mi A2 Lite dipersenjatai dengan cipset Snapdragon 625 yang diklaim efisien daya, sehingga membuat ponsel ini dapat bertahan lama tanpa diisi dayanya.

Foto: CNN Indonesia/RBC

Di lihat dari ruang penyimpanan, terdapat dua varian yakni RAM 3GB dan ROM 32GB serta varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB.

Di sisi baterai, kali ini giliran Mi A2 yang dikalahkan oleh Mi A2 Lite. Perangkat Mi A2 hanya memiliki baterai dengan kapasitas 3.010mAh, sedangkan Mi A2 Lite dibekali baterai 4.000mAh.

Shi mengklaim, dengan baterai berkapasitas sebesar ini pengguna Mi A2 Lite dapat mendengarkan musik selama 34 jam, menelepon selama 19 jam, bermain gim selama enam jam, dan menonton video dengan kualitas full HD selama 8,5 jam.


Bodi Licin dan Kamera Belakang Menyembul

Meski kedua ponsel tersebut menawarkan desain dan fitur-fitur terbaru, bukan berarti perangkat-perangkat ini tanpa kekurangan. Lapisan metal yang menyelimuti bodi ponsel terasa licin dan rentan jatuh jika hanya dipegang menggunakan satu tangan.

Selain itu, kedua kamera yang terdapat pada bagian belakang ponsel didesain timbul, sehingga ponsel tak dapat 'duduk' dengan rata saat diletakkan pada suatu permukaan.

Kendati demikian, perangkat Mi A2 dan Mi A2 Lite masih laik dicoba, apalagi dengan harganya yang tergolong murah dibanding merek-merek lain sekelasnya.

Mi A2 dibanderol dengan harga Rp3.699.000, dan tersedia dengan varian warna hitam, emas, biru, merah, dan rose gold. Mi A2 Lite dengan RAM 3GB dan ROM 32GB diberi harga Rp2.499.000, sedangkan varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB diberi harga Rp2,999,000. Perangkat ini hanya tersedia dalam tiga warna, yaitu hitam, emas, dan biru. (evn)

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180923065307-185-332421/menggenggam-sesaat-duo-xiaomi-mi-a2-android-one-kedua

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menggenggam Sesaat Duo Xiaomi Mi A2, Android One Kedua"

Post a Comment

Powered by Blogger.