Search This Blog

Kisah Sukses iPhone, Dulu Diremehkan Kini Jadi Barang Wajib Gen Z - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, pemandangan orang menggenggam iPhone dengan kamera boba-nya mungkin sudah jadi hal biasa. Bahkan perangkat tersebut seakan jadi barang yang wajib digunakan oleh banyak Gen Z.

Namun, butuh waktu 17 tahun untuk iPhone bisa berada di posisi sekarang. Kembali lagi ke tahun 2007, saat iPhone pertama diluncurkan, banyak orang yang tak yakin dengan masa depannya.

"Data awal dari penjualan beberapa hari pertama yang keluar dari AT&T mengecewakan. Saya ingat berbicara dengan para investor usai akhir pekan pertama itu, dan menurut seorang investor, secara umum produk itu sudah mati saat kedatangannya," kata Gene Munster dari Deepwater Asset, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (29/1/2024).

Penjualannya bahkan jauh dari Nokia 3310. Kala itu, Nokia disebut tidak akan pernah terkalahkan.

iPhone tahun 2007 hanya menjual 1,4 juta unit dengan 80% penjualan terjadi pada kuartal 4. Sementara itu, ponsel ikonik dari Nokia menjual 7,4 juta unit pada periode yang sama.

Hanya butuh waktu setahun untuk Apple bangkit. Tahun 2008, perusahaan meluncurkan toko aplikasi App Store dan memicu gelombang baru perusahaan teknologi lain berbasis aplikasi seperti Uber.

"Produsen ponsel lain tidak memperkirakan hal itu terjadi," kata Munster.

Marc Weber dari Computer History Museum menyatakan iPhone menetapkan standar bagi ponsel selanjutnya. Inovasinya menginspirasi Android yang turut mendirikan toko aplikasi Play Store.

Dari yang hanya menjual 1 juta unit per satu kuartal, penjualan iPhone perlahan mulai meningkat. Sekitar 72 juta unit terjual tahun 2011, lebih dari 50 juta unit berkat iPhone 4s.

Berikutnya pada 2015, Apple berhasil menjual 200 juta unit iPhone. Satu dekade setelah peluncuran pertama iPhone, Apple jadi perusahaan publik AS pertama dengan kapitalisasi pasar US$1 triliun.

Hampir dua dekade berikutnya, Apple telah meluncurkan 42 model iPhone hingga sekarang. Penelitian dari Demand Sage mengatakan perusahaan menjual lebih dari 2,3 miliar unit dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Apple Mengaku Sendiri iPhone 15 Tak Laris Seperti Harapan


(npb/npb)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMifGh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyNDAxMjkxMjM1MzUtMzctNTA5ODA4L2tpc2FoLXN1a3Nlcy1pcGhvbmUtZHVsdS1kaXJlbWVoa2FuLWtpbmktamFkaS1iYXJhbmctd2FqaWItZ2VuLXrSAYABaHR0cHM6Ly93d3cuY25iY2luZG9uZXNpYS5jb20vdGVjaC8yMDI0MDEyOTEyMzUzNS0zNy01MDk4MDgva2lzYWgtc3Vrc2VzLWlwaG9uZS1kdWx1LWRpcmVtZWhrYW4ta2luaS1qYWRpLWJhcmFuZy13YWppYi1nZW4tei9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Sukses iPhone, Dulu Diremehkan Kini Jadi Barang Wajib Gen Z - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.