Search This Blog

6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di HP Android yang Tidak Bekerja - SINDOnews Tekno

loading...

Cara mengatasi sensor fingerprint di HP Android yang tidak bekerja penting diketahui. Foto: Google

JAKARTA - Cara mengatasi sensor fingerprint di HP Android yang tidak bekerja atau tidak berfungsi ini perlu diperhatikan, supaya ketika terjadi masalah dapat mengatasinya sendiri.

Saat ini telah banyak HP Android menggunakan fitur fingerprint demi keamanan. Meski terkesan canggih pada masanya, bukan berarti membuat fitur sidik jari ini bebas dari masalah.

Karena terkadang fitur ini justru tidak berfungsi dengan baik ketika membaca sidik jari penggunanya. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti sensor yang bermasalah, atau bahkan cache yang menumpuk.

Meski begitu, akan tetap ada cara untuk mengatasi sensor fingerprint yang tidak bekerja ini.

6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di HP Android

1. Restart HP

Cara mengatasi sensor sidik jari yang tidak berjalan lancar di HP Android, pertama ini adalah mematikan ulang perangkat. Cara ini menjadi langkah yang paling umum dilakukan ketika terjadi berbagai masalah di smartphone.

2. Reset Pengaturan

Cara ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu "Pengaturan" atau "setting", kemudian pilih opsi "Manajemen Umum", dan pilih opsi "Reset semua pengaturan".

3. Mengatur Ulang Pemindaian Sidik Jari

Jika cara sebelumnya masih belum berhasil, pengguna bisa melakukan pengaturan ulang terkait pemindaian sidik jari. Caranya dengan masuk ke "Pengaturan" pilih bagian "Keamanan dan Privasi", lalu pilih opsi "Kunci layar", dan klik pada "Sidik jari".

Nantinya pengguna harus memasukkan kode yang sebelumnya telah diatur untuk masuk ke laman selanjutnya. Setelah masuk ke menu "Sidik Jari", hapus sidik jari yang terdaftar dan lakukanlah scan ulang sidik jari.

4. Membersihkan Sensor Fingerprint

Fingerprint yang tidak berfungsi dengan baik ini bisa disebabkan karena permukaan fingerprint yang kotor sehingga sensor tidak dapat membaca permukaan jari secara maksimal. Cobalah untuk membersihkan permukaan layar atau fingerprint menggunakan tisu atau kain bersih sebelum melakukan proses scanning.

5. Menghapus Cache

Cache yang menumpuk pada HP juga bisa menjadi penyebab beberapa fitur dalam perangkat tidak berfungsi dengan lancar. Cobalah untuk menghapus cache di semua aplikasi terlebih dahulu sebelum melakukan scanning fingerprint.

6. Reset HP

Jika beberapa cara di atas masih belum bisa juga, cobalah untuk mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Karena biasanya, masalah ini disebabkan oleh virus atau malware yang menyebabkan sistem fitur dalam perangkat android menurun.

Namun, mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik juga akan membuat semua data smartphone menghilang. Jadi, sebelum mengembalikan pengaturan smartphone, pastikan semua file penting sudah dipindahkan ke memori eksternal agar tidak ikut terhapus.

Itulah enam cara mengatasi sensor fingerprint di Android yang tidak bekerja. Jika memang masih belum dapat diatasi dengan cara-cara diatas, sebaiknya bawa HP ke service center terdekat supaya ditanganiolehahlinya.

(dan)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMifGh0dHBzOi8vdGVrbm8uc2luZG9uZXdzLmNvbS9yZWFkLzEzMTAxNDMvMTIyLzYtY2FyYS1tZW5nYXRhc2ktc2Vuc29yLWZpbmdlcnByaW50LWRpLWhwLWFuZHJvaWQteWFuZy10aWRhay1iZWtlcmphLTE3MDY1NzI5MDLSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Cara Mengatasi Sensor Fingerprint di HP Android yang Tidak Bekerja - SINDOnews Tekno"

Post a Comment

Powered by Blogger.