Search This Blog

Segera Ubah Setting Ini di HP Android Anda, Awas Kelewat - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Apakah Anda baru saja mengganti HP Android? Ingatlah untuk mengatur beberapa hal dalam smartphone baru Anda sesegera mungkin.

Pengaturan ini terkait keamanan smartphone. Mulai dari mencegah ada pihak lain yang menjebol keamanan perangkat hingga memastikan aplikasi tidak menyedot lebih banyak data.

Berikut 8 pengaturan yang Anda perlu lakukan, dikutip dari BGR, Senin (29/5/2023):

1. Atur Password

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur password perangkat. Kata sandi memastikan HP tidak akan bisa diakses oleh pihak lain.

Untuk mengaturnya, buka aplikasi Settings. Berikutnya cari menu Security atau Keamanan dan masukkan password dengan panjang minimal 6 karakter. BGR mengingatkan untuk tidak menggunakan 4 karakter, karena akan lebih mudah diretas. Selain itu juga atur pemindai sidik jari dalam perangkat, agar lebih mudah membuka perangkat.

2. Aktfikan Find My Device

Menu Find My Device akan sangat berguna saat HP hilang. Anda bisa langsung melacak lokasi perangkat dan mencarinya kembali.

Anda bisa mengaktifkannya dengan masuk kembali ke aplikasi Settings. Find My Device bisa ditemukan dalam menu Keamanan.

3. Pengaturan Privasi Android

Aplikasi akan meminta sejumlah izin untuk mengakses beberapa hal dalam ponsel. Anda perlu mengecek izin apa yang didapatkan oleh tiap aplikasi untuk memastikan tidak ada pihak yang bisa mengakses konten yang tidak perlu dan bisa dilakukan penyesuaian.

Anda bisa mengecek dan meninjau pengaturan tersebut secara berkala untuk setiap aplikasi. Bagi pengguna Android 12 atau lebih baru, pengaturan ini bisa dicek dalam dasbor Privasi pada Settings.

4. Privasi di Lock Screen

Anda juga bisa mencegah orang mengintip informasi yang dihadirkan dalam Lock Screen HP, seperti notifikasi. Untuk memastikannya, masuk ke aplikasi Settings dan matikan notifikasi sensitif.

5. Keluar dari Iklan Personalisasi Google

Privasi lain yang harus dijaga adalah menghindari pelacakan Google. Dengan begitu bisa mengurangi jumlah iklan personalisasi yang didapatkan.

Caranya masuk ke Settings dan cari menu Ads di bawah Google. Berikutnya matikan opsi Ads Personalization.

6. Aktifkan Nearby Share

Pengguna Android juga memiliki fitur berbagi langsung atau Nearby Share seperti yang dimiliki Airdrop pada iPhone. Anda bisa menggunakannya dengan masuk ke pengaturan Nearby Share pada Settings.

7. Dark Mode

Sejumlah ponsel Android telah didukung dengan mode gelap atau dark mode. Pengaturan ini bisa menghemat daya baterai karena piksel yang lebih gelap tidak menghabiskan energi. Untuk mengaktfikannya masuk ke menu Display.

8. Backup Ponsel

Backup atau pencadangan ponsel perlu juga diaktifkan. Ini akan mengamankan data saat sesuatu terjadi pada perangkat.

Masuk ke aplikasi Settings, pilih Google dan Backup. Ingat Anda memerlukan penyimpanan Google One. Lakukan pencadangan sesering mungkin.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

5 HP Keren dengan Spek Mantap, Harga Tak Sampai Rp 8 Juta


Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzA1MjkwNjQ2MTMtMzctNDQxMjc2L3NlZ2VyYS11YmFoLXNldHRpbmctaW5pLWRpLWhwLWFuZHJvaWQtYW5kYS1hd2FzLWtlbGV3YXTSAXdodHRwczovL3d3dy5jbmJjaW5kb25lc2lhLmNvbS90ZWNoLzIwMjMwNTI5MDY0NjEzLTM3LTQ0MTI3Ni9zZWdlcmEtdWJhaC1zZXR0aW5nLWluaS1kaS1ocC1hbmRyb2lkLWFuZGEtYXdhcy1rZWxld2F0L2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Segera Ubah Setting Ini di HP Android Anda, Awas Kelewat - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.