Search This Blog

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pakai Username ala Telegram dan Twitter - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp terus menghadirkan fitur-fitur yang semakin memudahkan komunikasi antar pengguna. Terbaru, aplikasi chatting ini dikabarkan sedang mengerjakan opsi username (nama alias) untuk pengguna.

Dalam laporan WABetaInfo, pembaruan ini termasuk dalam WhatsApp Beta untuk Android yang memungkinkan pengguna memilih nama atau handle unik mereka sendiri.

Sebagai gambaran, fitur ini mungkin akan digunakan layaknya di media sosial lainnya, seperti Telegram, Twitter, dan Instagram. Dengan begitu, username antar pengguna WhatsApp akan berbeda satu sama lain.

Username WhatsApp ini dapat menjadi perubahan yang signifikan dalam cara pengguna menemukan akun satu sama lain, sekaligus meningkatkan privasi.

Alih-alih membagikan nomor telepon pribadi atau kode QR, pengguna dapat bertukar username yang telah ditentukan. Cara ini lebih aman karena username tidak harus memuat nama asli pengguna.

Menurut WABetaInfo, percakapan menggunakan username ini diperkirakan masih akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end agar tetap aman. 

Kendati demikian, belum jelas bagaimana fitur ini akan bekerja di aplikasi. Batasan atau syarat username yang dapat digunakan pengguna juga belum diketahui.

Selain itu, tanggal peresmian fitur baru WhatsApp ini juga belum dapat dipastikan. 

Namun, fitur ini bekerja pada WhatsApp Beta Android versi 2.23.11.15 dan kemungkinan akan segera hadir di pembaruan aplikasi mendatang.

“Kemampuan untuk mengatur nama pengguna WhatsApp sedang dalam pengembangan dan akan dirilis ke penguji beta dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang,” tulis WABetaInfo dalam postingan blognya, dikutip Sabtu (27/5/2023).

2 dari 4 halaman

Username Dapat Ditemukan di Pengaturan Profil

Seperti yang ditampilkan dalam tangkapan layar di atas, WhatsApp akan memperkenalkan fitur username di dalam pengaturan aplikasi. 

Untuk membuat username, pengguna cukup mengakses menu “Settings”, lalu masuk ke “Profil”.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menjangkau orang lain hanya dengan masukkan username, tanpa perlu mengetahui nomor telepon mereka.

Di samping itu, WhatsApp juga telah menggulirkan fitur-fitur baru lainnya, seperti Chat Lock dan pengeditan pesan yang sudah dikirim.

Lalu, terdapat beberapa fitur lain yang masih dalam pengembangan atau uji coba. Salah satunya adalah pembuat stiker yang dapat digunakan secara langsung di aplikasi.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Bakal Punya Fitur Pembuat Stiker Langsung di Aplikasi

Sebelumnya, WABetaInfo juga melaporkan bahwa WhatsApp tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat stiker secara langsung di aplikasi. Pembaruan ini menjadi kabar gembira bagi pengguna yang suka mengirim stiker.

Fitur ini ditemukan pada WhatsApp Beta untuk iOS versi 23.10.0.74 yang tersedia di aplikasi TestFlight.

Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo, WhatsApp akan menghadirkan opsi “New Sticker” atau “Stiker Baru” pada tab yang digunakan untuk mengirimkan file atau media di ruang obrolan.

Opsi baru tersebut merupakan alat untuk membuat stiker dari foto di galeri perangkat pengguna. Nantinya, alat ini juga akan menyediakan fitur pengeditan sederhana seperti penghapus background foto.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Mulai Luncurkan Fitur Edit Pesan yang Sudah Dikirim

Di samping itu, aplikasi messenger WhatsApp akhirnya mulai menggulirkan fitur yang banyak ditunggu para penggunanya, yaitu edit pesan.

Dengan fitur edit pesan ini, pengguna tidak perlu repot-repot menghapus chat yang sudah terkirim, yang malah meninggalkan jejak setelah dihapus.

"Jangan khawatir jika Anda melakukan kesalahan atau tiba-tiba berubah pikiran, karena kini Anda dapat mengedit pesan yang sudah terkirim," tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Dikutip Selasa (23/5/2023), aplikasi WhatsApp nantinya akan mengizinkan pengguna untuk mengoreksi typo atau kesalahan ejaan, hingga menambahkan konteks dalam sebuah pesan.

Meski begitu, pesan yang sudah diedit akan tetap menampilkan tulisan "diedit", sehingga orang-orang yang dikirimkan, akan bisa langsung tahu chat tersebut sudah dikoreksi, tanpa harus menunjukkan riwayat pengeditan.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vd3d3LmxpcHV0YW42LmNvbS90ZWtuby9yZWFkLzUyOTg2OTYvcGVuZ2d1bmEtd2hhdHNhcHAtYmFrYWwtYmlzYS1wYWthaS11c2VybmFtZS1hbGEtdGVsZWdyYW0tZGFuLXR3aXR0ZXLSAWlodHRwczovL3d3dy5saXB1dGFuNi5jb20vYW1wLzUyOTg2OTYvcGVuZ2d1bmEtd2hhdHNhcHAtYmFrYWwtYmlzYS1wYWthaS11c2VybmFtZS1hbGEtdGVsZWdyYW0tZGFuLXR3aXR0ZXI?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Pakai Username ala Telegram dan Twitter - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.