Search This Blog

Zuckerberg Ingkari Janji ke WhatsApp dan Instagram - Detikcom

Jakarta - Ada rencana WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger bakal "merger". Jika benar demikian, jelas bahwa bos Facebook Mark Zuckerberg sudah ingkar janji.

Menurut kabar yang beredar, rencana integrasi tiga layanan messaging tersebut merupakan buah pikiran oleh Zuckerberg sendiri. WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger tetap terpisah tapi dimodifikasi sehingga dapat saling kirim pesan.

Memang, disebutkan pula bahwa Zuckerberg telah mewanti-wanti agar WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger masing-masing memiliki fitur penyandian end to end sehingga menjamin keamanan pesan yang terkirim. Tapi kerisauan tetap muncul buat para pengguna.

Apalagi rencana integrasi trio platform messaging itu sekaligus akan jadi penegasan bahwa Zuckerberg bak menjilat ludah sendiri. Salah satunya terkait dengan pernyataan Zuck saat mengumumkan akuisisi Instagram oleh Facebook senilai USD 1 miliar sekian tahun lalu.

"Kami harus berhati-hati dalam mempertahankan dan membangun keunggulan dan fitur Instagram, alih-alih berusaha untuk mengintegrasikan segalanya ke dalam Facebook," kata Zuckerberg dalam sebuah pernyataan medio 9 April 2012.

Zuckerberg juga disebut-sebut menjanjikan hal serupa kepada WhatsApp, yang diakuisisi oleh Facebook pada Februari 2014. Hal itu setidaknya terindikasi dari sebuah pernyataan Jan Koum, pendiri WhatsApp, dalam sebuah pernyataan usai akuisisi.

"WhatsApp akan tetap otonom dan beroperasi secara independen. Kerja sama di antara kedua perusahaan kami takkan terjalin andaikata kami harus mengompromikan prinsip dasar yang mendefinisikan perusahaan, visi, dan produk kami," ucap Koum saat itu.

Sebagai pengingat, Koum hengkang dari WhatsApp, sekaligus jajaran direksi Facebook, pada April 2018. Kevin Systrom dan Mike Krieger, pendiri Instagram, melakukan hal serupa pada September 2018. Kesemuanya diduga bentrok dengan Zuckerberg terkait independensi dan visi.

(krs/krs)

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://inet.detik.com/cyberlife/d-4402143/zuckerberg-ingkari-janji-ke-whatsapp-dan-instagram

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Zuckerberg Ingkari Janji ke WhatsApp dan Instagram - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.