Search This Blog

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: WhatsApp Batasi Fitur Forward Pesan - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang WhatsApp yang membatasi fitur forward pesan. Menjelang Pemilu 2019 di Indonesia, WhatsApp melakukan langkah untuk mencegah penyebaran pesan hoaks dengan membatasi fitur teruskan pesan (forward).

Baca: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Fenomena Supermoon Malam Ini
Baca: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: 773 Juta Alamat Email Bocor
Baca: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Misi Cina ke Mars 2020

Selain itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Facebook mengawasi aktivitas kampanye di media sosial pada Pemilu 2019. Juga, gempa yang mengguncang wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan magnitudo 6.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. WhatsApp Batasi Fitur Forward Pesan, Hanya ke 5 Orang

Whatsapp. REUTERS

Menjelang Pemilu 2019 di Indonesia, WhatsApp melakukan langkah untuk mencegah penyebaran pesan hoaks atau yang tidak bisa terbukti kebenarananya dan mengurangi viralitas pesan. Salah satunya adalah membatasi fitur teruskan pesan (forward).

"WhatsApp menurunkan angka batas meneruskan pesan di aplikasi. Mulai hari ini, kita samakan menjadi 5 kali meneruskan pesan di seluruh dunia, termasuk Indonesia," ujar VP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand di Jakarta, Senin, 21 Januari 2019.

WhatsApp sadar akan kemungkinan viralitas pesan, karena 90 persen pengguna WhatsApp mengedarkan pesan pribadi. Sementara, 10 persennya adalah pesan yang tidak diketahui asal-usulnya. Fenomena tersebut merupakan sumber utama kemungkinan adanya berita palsu.

2. Pemilu 2019, Bawaslu Gandeng Facebook Awasi Media Sosial

Logo Facebook

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Facebook mengawasi aktivitas kampanye di media sosial pada Pemilu 2019. Bawaslu juga menggandeng raksasa media sosial itu untuk melatih staf Bawaslu tentang penanganan ujaran kebencian dan hoaks.

"Menurut undang-undang, kami bertanggung jawab mengawsi akun media sosial para calon dan bukan calon," kata Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar di Jakarta, Senin, 21 Januari 2019.

Menurut Fritz, Bawaslu banyak berdiskusi dengan Facebook, seperti melakukan take down terhadap akun Facebook dan akan memperbarui pengawasannya seperti bekerja sama dengan platform. Selain itu, Bawaslu juga melakukan gugus tugas pengawasan media sosial bersama dengan kementerian.

3. Sesar Naik Picu Gempa Sumba Barat Magnitudo 6

Gempa magnitudo 6,2 guncang Sumba Barat. Kredit: BMKG

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Waingapu, Arief Tyastama, mengatakan gempa yang mengguncang wilayah Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa, 22 Januari 2019, dibangkitkan oleh sesar naik (Thrust Fault).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Sumba Barat ini dibangkitkan oleh sesar naik (Thrust Fault)," katanya di Kupang, Selasa.

Pada Selasa pagi pukul 06.59.25 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan, informasi awal gempa bumi ini memiliki kekuatan M=6,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,0.

Selain tiga berita terpopuler di atas, Anda bisa membaca berita hari ini seputar sains dan teknologi hanya di kanal Tekno Tempo.co.

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://tekno.tempo.co/read/1167590/top-3-tekno-berita-hari-ini-whatsapp-batasi-fitur-forward-pesan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Top 3 Tekno Berita Hari Ini: WhatsApp Batasi Fitur Forward Pesan - Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.