Search This Blog

Perbedaan RAM dan ROM pada Smartphone yang Harus Kamu Ketahui - Medcom.Id

Jakarta: Banyak dari pengguna elektronik seperti komputer, laptop, dan smartphone tidak asing dengan istilah RAM. Namun, mereka akan tidak familiar dengan istilah ROM Perlu diketahui, semua perangkat seperti smartphone, laptop, dan juga laptop mempunyai ROM.
 
Mulai dari RAM, RAM merupakan sebuah wadah yang mempunyai fungsi dalam menyimpan berbagai data dari setiap aplikasi, dan data yang disimpan bersifat sementara. RAM sendiri mempunyai kepanjangan Random Access Memory, dari kepanjangannya saja memang RAM mempunyai fungsi dalam menyimpan data.
 
Sedangkan ROM merupakan kebalikan dari RAM, yakni ROM berfungsi untuk menyimpan data bersifat permanen pada. Jadi, ROM sendiri adalah sebuah chip yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa diubah. Hal ini memang sesuai dengan namanya Read Only Memory.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca Juga: Perbedaan Laptop dan Notebook yang Jarang Diketahui
 
Bahkan, dari yang sudah dijelaskan itulah perbedaan paling mendasar antara RAM dan ROM. Namun, masih terdapat beberapa hal yang harus diketahui oleh para pengguna smartphone. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya.
 
Yang pertama muncul dari cara pengaksesan. Kamu akan dapat dengan mudah untuk mengakses RAM, dan RAM memang bersifat sangat fleksibel. Sedangkan ROM diperlukan proses khusus untuk mengakses data yang tersimpan dalam ROM. 
 
Kemudian, ROM mampu untuk menyimpan data tanpa membutuhkan daya. Jadi, ROM tidak akan hilang ketika HP yang kamu gunakan tersebut hilang atau mati. Lalu, untuk RAM sendiri bisa terbaca dengan kehadiran daya untuk menyimpan data. Jadi, apabila tidak adanya daya maka RAM tidak akan mampu untuk menyimpan data.
 
Jadi, bisa dikatakan RAM merupakan sebuah komponen hardware yang memerlukan daya untuk menyimpan sebuah data, dan data tersebut memang bersifat sementara. Jadi, data yang tersimpan dalam RAM dapat sewaktu-waktu dihapus.
 
Sedangkan untuk ROM tidak akan terhapus dan ROM mempunyai kemampuan dalam menyimpan data tanpa harus memerlukan daya. Ketika HP tersebut hilang maka ROM yang ada dalam HP tersebut akan terus menyimpan data dan data tersebut tidak akan bisa dihapus.
 
Itulah perbedaan antara RAM dan ROM di smartphone yang wajib kamu ketahui. Jadi, setiap data seperti foto, video, dan segala data yang tersimpan bisa dihapus tetapi data tersebut akan pergi ke ROM. (Christopher Louis)
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3Lm1lZGNvbS5pZC90ZWtub2xvZ2kvbmV3cy10ZWtub2xvZ2kvUE5neTNuN2stcGVyYmVkYWFuLXJhbS1kYW4tcm9tLXBhZGEtc21hcnRwaG9uZS15YW5nLWhhcnVzLWthbXUta2V0YWh1adIBYGh0dHBzOi8vd3d3Lm1lZGNvbS5pZC9hbXAvUE5neTNuN2stcGVyYmVkYWFuLXJhbS1kYW4tcm9tLXBhZGEtc21hcnRwaG9uZS15YW5nLWhhcnVzLWthbXUta2V0YWh1aQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perbedaan RAM dan ROM pada Smartphone yang Harus Kamu Ketahui - Medcom.Id"

Post a Comment

Powered by Blogger.