Search This Blog

John B. Goodenough: Aktor Penting Di Balik Baterai Li-ion Meninggal Dunia • Jagat Review - Jagat Review

Reading time:

June 28, 2023

John B. Goodenough meninggal dunia di usianya yang ke-100. Dia merupakan seorang profesor yang berperan penting dalam pengembangan baterai lithium-ion yang sekarang ada di hampir semua perangkat sehari-hari kita.

John B. Goodenough: Aktor Penting Di Balik Baterai Li-ion Meninggal Dunia

Lahir di Jerman pada tahun 1922, Goodenough memperoleh gelarnya di bidang matematika dan fisika dari institusi bergengsi seperti Universitas Yale dan Universitas Chicago. Sepanjang karirnya, ia memegang posisi di institusi terkenal seperti Laboratorium Lincoln MIT dan Universitas Oxford.

Terobosan yang dilakukan Goodenough terjadi lebih dari 40 tahun lalu. Kala itu dia bersama dengan timnya menemukan bahwa lithium cobalt oxide adalah katoda terbaik untuk mencapai kepadatan tinggi untuk menyimpan energi selain litium logam pada baterai isi ulang Li-ion.

Meskipun penemuan itu sangat penting, tapi Goodenough sama sekali tak memungut royalti untuk penggunaannya. Sekarang, kita bisa menemukan solusi yang Goodenough temukan itu ada di mana-mana termasuk smartphone, tablet, laptop, konsol game, dan bahkan kendaraan listrik.

Dia dianugerahi penghargaan paling prestisius di bidang kimia yakni Nobel Prize pada 2019 silam, menjadikannya sebagai penerima tertua dalam sejarah penghargaan tersebut. Kontribusinya sungguh luar biasa, bahkan masih terus menjadi sumber tenaga bagi inovasi dan teknologi di masa sekarang dan mungkin di masa mendatang.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vd3d3LmphZ2F0cmV2aWV3LmNvbS8yMDIzLzA2L2pvaG4tYi1nb29kZW5vdWdoLWFrdG9yLXBlbnRpbmctZGktYmFsaWstYmF0ZXJhaS1saS1pb24tbWVuaW5nZ2FsLWR1bmlhL9IBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "John B. Goodenough: Aktor Penting Di Balik Baterai Li-ion Meninggal Dunia • Jagat Review - Jagat Review"

Post a Comment

Powered by Blogger.