Search This Blog

Hati-Hati, USB Asal China Bisa Sebabkan Anda Kena Hack - Okezone.com

KEJAHATAN digital yang dilakukan oleh para hacker memang terjadi dalam beberapa cara. Meskipun dilakukan secara digital, bukan berarti secara offline kita aman.

Pasalnya, saat ini ada penyebaran malware jahat lewat driver USB dalam skala besar. Perusahaan keamanan siber Check Point menyebut malware ini berasal dari kelompok hacker yang disponsori pemerintah China, Camaro Dragon.

Menurut Check Point, malware telah teridentifikasi sebagai WispRider. Malware bekerja dengan menggunakan HopperTrick untuk disebarkan melalui USB, dan juga memiliki fitur untuk mem-bypass SmadAV, solusi antivirus populer di Asia Tenggara.

BACA JUGA:

Seperti diketahui, wilayah ini adalah tempat malware mulai beroperasi, tetapi kemudian menyebar sendiri melalui drive USB ke wilayah lain di dunia. Pada awal 2023 ditemukan bahwa malware telah mencapai institusi kesehatan Eropa.

Malware WispRider juga disebut Check Point mampu melakukan sideload DLL, menggunakan komponen milik perangkat lunak keamanan, seperti G-DATA Total Security, dan milik Electronic Arts dan Riot Games, dua raksasa di dunia game.

BACA JUGA:

"Prevalensi dan sifat serangan menggunakan malware USB yang menyebar sendiri menunjukkan perlunya perlindungan terhadapnya, bahkan untuk organisasi yang mungkin bukan target langsung dari kampanye semacam itu," kata Check Point.

Perusahaan juga mengklaim telah menemukan infeksi malware USB di negara lain di seluruh dunia, termasuk Myanmar, Korea Selatan, Inggris Raya, India, dan Rusia, sebagaimana dihimpun dari Techradar.

Baca Juga: Sharp Luncurkan TV AQUOS XLED 4K Terbarunya di Kawasan Asia, Timur Tengah, dan Afrika

Follow Berita Okezone di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMia2h0dHBzOi8vdGVjaG5vLm9rZXpvbmUuY29tL3JlYWQvMjAyMy8wNi8yNi81NC8yODM3MDY5L2hhdGktaGF0aS11c2ItYXNhbC1jaGluYS1iaXNhLXNlYmFia2FuLWFuZGEta2VuYS1oYWNr0gFqaHR0cHM6Ly90ZWNobm8ub2tlem9uZS5jb20vYW1wLzIwMjMvMDYvMjYvNTQvMjgzNzA2OS9oYXRpLWhhdGktdXNiLWFzYWwtY2hpbmEtYmlzYS1zZWJhYmthbi1hbmRhLWtlbmEtaGFjaw?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-Hati, USB Asal China Bisa Sebabkan Anda Kena Hack - Okezone.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.