Search This Blog

Para Ahli Yakin Sisi Negatif AI Bisa Mengancam Eksistensi Manusia - Kompas.com - KOMPAS.com

LONDON, KOMPAS.com - Kecerdasan buatan atau AI dapat membahayakan kesehatan jutaan orang dan menimbulkan ancaman eksistensial bagi umat manusia.

Ini disampaikan dokter dan pakar kesehatan masyarakat saat mereka menyerukan penghentian pengembangan kecerdasan umum buatan sampai benar-benar diatur.

Kecerdasan buatan memiliki potensi untuk merevolusi perawatan kesehatan dengan meningkatkan diagnosis penyakit, menemukan cara yang lebih baik untuk merawat pasien dan memperluas perawatan ke lebih banyak orang.

Baca juga: Eropa Godok Aturan Chatbot AI, Regulasi Bisa Menjadi Standar Global

Namun perkembangan kecerdasan buatan juga berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Hal ini disepakati ahli kesehatan dari Inggris, AS, Australia, Kosta Rika, dan Malaysia dalam jurnal BMJ Global Health.

Dilansir dari Guardian, risiko yang terkait dengan obat-obatan dan perawatan kesehatan termasuk potensi kesalahan AI untuk membahayakan pasien, masalah privasi dan keamanan data, dan penggunaan AI dengan cara yang akan memperburuk kesenjangan sosial dan kesehatan.

Salah satu contoh bahaya, kata mereka, adalah penggunaan oksimeter denyut berbasis AI yang melebih-lebihkan kadar oksigen darah pada pasien dengan kulit lebih gelap, sehingga hipoksia mereka tidak dapat ditangani dengan baik.

Tetapi mereka juga memperingatkan ancaman global yang lebih luas dari AI terhadap kesehatan manusia dan bahkan keberadaan manusia.

AI dapat membahayakan kesehatan jutaan orang melalui determinan sosial kesehatan melalui kontrol dan manipulasi orang, penggunaan senjata otonom yang mematikan, dan efek kesehatan mental dari pengangguran massal jika sistem berbasis AI menggantikan sejumlah besar pekerja.

“Ketika dikombinasikan dengan kemampuan yang meningkat pesat untuk mendistorsi atau menggambarkan realitas dengan kepalsuan yang mendalam, sistem informasi yang digerakkan oleh AI dapat semakin merusak demokrasi," ujar para ahli.

Baca juga: Bapak Kecerdasan Buatan: AI Bisa Timbulkan Ancaman Lebih Mendesak daripada Perubahan Iklim

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy5jb20vZ2xvYmFsL3JlYWQvMjAyMy8wNS8xMC8yMDMwMDAyNzAvcGFyYS1haGxpLXlha2luLXNpc2ktbmVnYXRpZi1haS1iaXNhLW1lbmdhbmNhbS1la3Npc3RlbnNpLW1hbnVzaWHSAXlodHRwczovL2FtcC5rb21wYXMuY29tL2dsb2JhbC9yZWFkLzIwMjMvMDUvMTAvMjAzMDAwMjcwL3BhcmEtYWhsaS15YWtpbi1zaXNpLW5lZ2F0aWYtYWktYmlzYS1tZW5nYW5jYW0tZWtzaXN0ZW5zaS1tYW51c2lh?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Para Ahli Yakin Sisi Negatif AI Bisa Mengancam Eksistensi Manusia - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.