Search This Blog

Chatbot AI Google Bard Kini Bisa Lakukan Coding - Merah Putih

AI chatbot baru Bard besutan Google kini dapat membantu para pengembang perangkat lunak dengan pemrograman. Beberapa hal yang bisa mereka lakukan, seperti menciptakan kode, debug kode, hingga penjelasan kode. Keterampilan baru itu ditambahkan Google sebagai tanggapan atas permintaan pengguna.

Pengkodean atau coding telah menjadi salah satu permintaan teratas yang diterima Google dari pengguna. Pemimpin produk Google Research Paige Bailey mengatakan pada Jumat (19/4), kemampuan pengembangan perangkat lunak itu tersedia di lebih dari 20 bahasa.

Seluruh 20 bahasa yang dimaksudkan, antara lain C++, Go, Javascript, Phyton, dan TypeScript. Pengguna dapat mengekspor kode Phyton ke Google Colab, dan Bard juga dapat membantu dengan fungsi penulisan untuk Google Sheets.

Baca juga:

Google Bakal Perkenalkan Bard, Rival ChatGPT

Petugas cukup memberikan perintah. (Foto: Unsplash/ThisisEngineering RAEng)

Secara kolektif, ini berarti Bard merupakan eksperimen AI generatif yang diluncurkan Google awal tahun ini, yang dapat meninjau dan membantu pengguna men-debug kode sumber mereka baris demi baris. Google mengatakan pengembang dapat memberi tahu Bard "kode ini tidak berfungsi, tolong perbaiki," dan AI itu akan membantu debug.

Itu juga dapat menerjemahkan kode dari satu bahasa ke bahasa lain dan menjelaskan potongan kode, fitur yang bermanfaat bagi mereka yang baru mengenal pemrograman. Bard, yang dibuat untuk bersaing dengan ChatGPT dan model bahasa lainnya, tidak cukup sebanding dengan rekan AI-nya pada kinerja chatbot.

Serangkaian keterampilan terbaru ini dapat membantu Bard setidaknya mengimbangi ChatGPT dan Claude setidaknya di atas kertas. Seberapa baik Bard mampu membuat, menerjemahkan, dan men-debug kode adalah pertanyaan lain.

Baca juga:

ChatGPT Kini Bisa Jelajahi Internet

AI Bard tetap bisa salah. (Foto: Unsplash/Christina @ wocintechchat.com)

Seperti yang diperingatkan Bailey dalam posting blog, Bard masih merupakan eksperimen awal dan terkadang dapat memberikan informasi yang tidak akurat, menyesatkan, atau sama sekali salah meski terlihat benar saat menyampaikannya.

Misalnya, Bard dapat memberi pengembang kode kerja yang tidak lengkap atau tidak menghasilkan keluaran yang diharapkan.

“Terlepas dari tantangan ini, kami yakin kemampuan baru Bard dapat membantu Anda dengan menawarkan cara baru untuk menulis kode, membuat kasus pengujian, atau memperbarui API. Jika Bard mengutip panjang lebar dari proyek sumber terbuka yang ada, itu akan mengutip sumbernya,” tulis Bailey. (waf)

Baca juga:

OpenAI Blokir Akses ChatGPT di Italia

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiVWh0dHBzOi8vbWVyYWhwdXRpaC5jb20vcG9zdC9yZWFkL2NoYXRib3QtYWktZ29vZ2xlLWJhcmQta2luaS1iaXNhLWxha3VrYW4tY29kaW5nLXNvcmXSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Chatbot AI Google Bard Kini Bisa Lakukan Coding - Merah Putih"

Post a Comment

Powered by Blogger.