Search This Blog

3 Penipuan Paling Sering di WhatsApp, Awas Masih Tertipu! - detikInet

Jakarta -

Di era modern, penipuan kini semakin canggih. Banyak orang iseng maupun jahat yang memanfaatkan aplikasi yang sering kita gunakan sebagai media melancarkan aksi bejat mereka.

Dirangkum detikINET dari We Live Security, penipuan-penipuan ini kerap terjadi di aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp. Jangan sampai tertipu ya, detikers!

1. Minta kode verifikasi

Kita sudah tahu bahwa kode verifikasi, atau OTP, adalah rahasia yang tidak boleh dibagikan ke orang lain. Tapi, ada modus penipuan baru di mana orang menghubungi kita via WhatsApp dan berpura-pura salah memasukkan nomor telepon waktu verifikasi sehingga 'OTP-nya terkirim ke nomor kita'.

Apapun yang terjadi, jangan pernah membagikan kode verifikasi apapun kepada orang lain. Salah-salah, akun kita bisa berpindah tangan.

2. Meniru orang terdekat

Modus lainnya adalah penipu akan berpura-pura menjadi orang lain dan meminta sejumlah uang sebagai bentuk bantuan. Contohnya, penipu akan berakting menjadi anak dari penerima pesan dan mengaku sedang dalam masalah sehingga butuh uang cepat.

3. Survei atau undian

Selanjutnya, penipuan yang sering terjadi adalah pesan yang menawarkan undian atau survei berhadiah uang atau barang berharga. Link yang nampak mencurigakan, apalagi dikirim dari nomor tidak terverifikasi, seharusnya sudah menjadi red flags.

Banyak dari kita tidak percaya bahwa ada orang yang akan tertipu dengan tiga modus penipuan di atas. Tapi itu terjadi pada ribuan orang setiap tahun, karena penipuan menjadi lebih canggih dan makin meyakinkan. Jadi, waspadalah, detikers.

Simak Video "Tips Kominfo Cegah Scam Berkedok Undangan Nikah Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiYWh0dHBzOi8vaW5ldC5kZXRpay5jb20vc2VjdXJpdHkvZC02Njg5OTU1LzMtcGVuaXB1YW4tcGFsaW5nLXNlcmluZy1kaS13aGF0c2FwcC1hd2FzLW1hc2loLXRlcnRpcHXSAWVodHRwczovL2luZXQuZGV0aWsuY29tL3NlY3VyaXR5L2QtNjY4OTk1NS8zLXBlbmlwdWFuLXBhbGluZy1zZXJpbmctZGktd2hhdHNhcHAtYXdhcy1tYXNpaC10ZXJ0aXB1L2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Penipuan Paling Sering di WhatsApp, Awas Masih Tertipu! - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.