Search This Blog

Google Maps Hadirkan Fitur Rute Khusus Sepeda Motor dan Ganjil Genap

JAKARTA, (PR).- Google meluncurkan fitur baru pada aplikasi Google Maps, yaitu rute khusus motor untuk membantu pengendara sepeda motor berlalu Iintas di seluruh Indonesia. Fitur ini diklaim akan mengefisienkan waktu perjalanan dan memberikan opsi jalan pintas dan jalan sempit.

Syaratnya, pengguna ponsel Andorid tinggal memperbarui aplikasi Google Maps dengan versi terbaru, versi 9.73.3. Sayangnya, update Google Maps belum tersedia untuk iOS dan pihak Google belum memberikan informasi kapan pembaruan untuk sistem operasi tersebut.

Pada versi sebelumnya, Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu mengatakan, tidak ada mode navigasi khusus bagi pengendara sepeda motor. PadahaI, ada banyak sekaIi pengendara sepeda motor di Indonesia. Sebagian besar rumah tangga memiliki sepeda motor dan orang sering menggunakan ojek agar bisa bepergian dengan mudah. 

"Bahkan, jumlah sepeda motor di jalanan Indonesia 7 kali Iebih banyak daripada mobil," ucapnya saat peluncuran di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa 20 Maret 2018.

Sepeda motor memiliki kebutuhan yang spesifik. Pengendara motor dapat mengambiI rute-rute yang tidak dapat diIaIui mobil seperti jalan sempit dan gang. Ada juga jalan tertentu yang tidak dapat diIaIui sepeda motor, misalnya jalan tol. Sepeda motor juga sering kali melaju dengan kecepatan yang berbeda daripada mobil. 

Sebelumnya, pengendara motor biasa memperkirakan waktu tiba di tujuan dengan mengombinasikan rute jalan kaki dan rute mobil. Dengan fitur rute khusus motor dapat membantu dengan memberikan waktu perjalanan yang lebih akurat karena menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor. 

Rute khusus yang mencakup jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa melalui jalan tol. Google pun berencana membuka dukungan API untuk siapa pun yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau layanan, seperti perusahaan transportasi online dan ekspedisi. 

Vice President Product Management Google Maps, Dane Glasgow, menyatakan, pihaknya ingin memberikan pengalaman yang paling cocok dengan situasi setempat dan paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal. Fitur khusus untuk sepeda motor merupakan fitur yang paling banyak diminta oleh masyarakat Indonesia. 

"Kami mendengarkan masukan Anda dan kini kami dengan senang hati menawarkan fltur baru ini, yang semoga dapat sedikit mempermudah masyarakat untuk bepergian dengan sepeda motor di Indonesia," ujarnya.

Di samping fitur baru "rute untuk motor", Google pun mengumumkan fitur tambahan bagi pengendara mobil. Fitur tambahan itu, yakni sistem ganjil/genap, di mana Google Maps sekarang akan mempertimbangkan sistem ganjil/genap dan mengarahkan mobil untuk menghindari jalan yang dilarang.

"Ketika kami mengetahui Anda memiliki pelat nomor dengan angka terakhir genap atau ganjil. Fitur ini pertama kaIi kami luncurkan di Indonesia, dan rencananya akan disusul oleh kota-kota lain di dunia yang memiliki kebijakan sejenis," ucap Dane.

Fitur tambahan berikutnya adalah car-free day. Google Maps juga akan mengetahui jadwal car-free day di 30 kota di seluruh Indonesia sehingga tidak akan mengarahkan pengguna melalui rute yang ditutup bagi kendaraan bermotor. 

"Kami ingin meningkatkan mobilitas masyarakat Indonesia dan membantu semua pengendara, baik roda dua maupun roda empat, untuk terus bepergian dengan aman dan nyaman," tuturnya.***

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap http://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2018/03/20/google-maps-hadirkan-fitur-rute-khusus-sepeda-motor-dan-ganjil-genap-421548

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Google Maps Hadirkan Fitur Rute Khusus Sepeda Motor dan Ganjil Genap"

Post a Comment

Powered by Blogger.