Search This Blog

Batasi akses aplikasi di Facebook kamu sekarang juga

Batasi akses aplikasi di Facebook kamu sekarang juga

Facebook menjadi sorotan setelah diketahui 50 juta data penggunanya bocor akibat aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dimanfaatkan oleh Cambridge Analytica itu mengumpulkan data pengguna Facebook termasuk siapa saja teman mereka hingga apa minat yang mereka sukai.

Ditelisik hal tersebut memang menjadi celah yang dimanfaatkan oleh pembuat aplikasi tersebut. Pasalnya, pengguna yang memakai aplikasi itu menyetujui akses yang diminta sehingga secara langsung menyerahkan data mereka kepada aplikasi pihak ketiga tersebut.

Sejatinya, aplikasi lainnya yang populer pun memungkinkan pengguna untuk melakukan login menggunakan akun Facebook. Sebut saja Spotify dan Netflix, yang memudahkan pengguna untuk login menggunakan Facebook.

Disisi lain, banyak pula aplikasi yang tak begitu terkenal yang juga bisa memanfaatkan akun Facebook Anda untuk login. Misalnya aplikasi yang memungkinkan Anda mengetahui bagaimana masa depan Anda, atau siapakah artis yang wajahnya mirip dengan Anda.

Tanpa Anda sadari, aplikasi itu mendapatkan akses ke akun Anda dengan persetujuan Anda. Namun bisa saja mereka menghimpun data Anda untuk kepentingan tertentu sebagaimana dilakukan Cambridge Analytica.

Jika Anda merasa hal tersebut mengancam Anda, berikut kami rangkum cara mengetahui aplikasi yang mengakses akun Facebook serta cara menghapusnya.

Buka pengaturan Facebook

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Facebook. Kemudian kunjungi menu pengaturan yang bisa Anda temukan dengan mengklik ikon panah di ujung kanan tampilan Facebook.

Pilih aplikasi, kemudian pantau daftar aplikasi

Dalam menu pengaturan Anda akan disajikan dengan deretan pengaturan mulai dari privasi aplikasi hingga notifikasi. Pilih aplikasi yang berada di bagian kiri tampilan pengaturan Facebook. 

Anda akan melihat deretan aplikasi yang menggunakan akses ke akun Facebook Anda. Beberapa aplikasi mungkin secara sadar pernah Anda setujui. Namun bisa saja Anda menemukan aplikasi yang menggunakan akses akun Facebook tanpa Anda sadari sehingga Anda merasa perlu untuk menghapusnya. Lantas bagaimana cara menghapusnya? Simak tahapan selanjutnya.

Hapus akses

Setelah melihat deretan aplikasi yang memiliki akses ke Facebook Anda, sortir aplikasi yang menurut Anda tidak diperlukan lagi. Cara menghapusnya adalah dengan mengklik ikon "x" (silang) yang muncul di samping aplikasi.

Kemudian Anda akan disajikan dengan pop up yang memastikan Anda yakin untuk menghapusnya. Pilih setuju untuk menghapus akses aplikasi ke Facebook Anda. Jangan lupa untuk mencentang opsi pada pop up yang muncul, dimana Anda setuju semua aktivitas maupun foto pada aplikasi itu di Facebook terhapus. Sebagai catatan, opsi centang tersebut tak muncul pada semua aplikasi. 

Hapus centang berbagi akses

Tanpa Anda sadari, aplikasi yang digunakan oleh teman Anda juga bisa mengakses profil Anda. Rupanya terlepas dari ketidaktahuan pengguna, hal ini memang legal sebagaimana tercantum dalam peraturan penggunaan Facebook.

Inilah yang dimanfaatkan aplikasi Cambridge Analytica dimana dari 270.000 pengguna yang memakai apikasinya melalui akun Facebook, ia mampu meraup 50 juta data pengguna. Jika Anda tak ingin data Anda terbawa oleh rekan Anda, pilih menu edit yang berada di bawah deretan aplikasi di pengaturan Facebook tadi.

Hapus semua centang agar Anda tak lagi membagikan data Anda melalui teman Anda ke aplikasi lainnya. Kemudian tekan simpan untuk menyimpan pengaturan Anda tersebut.

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://www.tek.id/tek/batasi-akses-aplikasi-di-facebook-kamu-sekarang-juga-b1Uwa9bjb

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Batasi akses aplikasi di Facebook kamu sekarang juga"

Post a Comment

Powered by Blogger.