Search This Blog

Dirilis Februari, Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ Coba Saingi iPhone X

BULAN ini, Samsung akan memperkenalkan seri terbaru dari Samsung Galaxy, yakni Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+. Keduanya dikenalkan pada konferensi mobile terbesar di dunia. Para pecinta android pun siap menyambutnya.

Sebagian besar perusahaan pembuat smartphone android memilih melewatkan peluncuran produk unggulan mereka di MWC (Mobile World Congress) 2018. Ini mungkin karena mereka merasakan cubitan dari merosotnya pasar smartphone di Tiongkok. Namun, Samsung justru tidak mau melewatkan kesempatan itu, tidak untuk tahun ini.

Seperti dilansir dari Techcrunch, perusahaan smartphone terbesar menurut marketshare ini diperkirakan akan membuka kotak Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ pada konferensi tersebut.

Memang, petunjuk tentang akan adanya unboxing seri Galaxy terbaru ini sudah terlihat dari undangan acara pers pre-MWC, di mana undangan tersebut menunjukkan angka 9 yang berwarna ungu.

Sementara itu, apa sajakah yang dapat diharapkan dari Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ ini?

Coba saingi Apple

Samsung tentu saja mengharapkan produk terbarunya ini dapat menarik perhatian karena keunggulan mereka sendiri. Salah satu yang paling jelas menarik perhatian adalah peningkatan atau upgrade yang dilakukan pada kamera smartphone ini.

Kamera menjadi salah satu bagian yang mendapat perhatian terbanyak selama satu dekade terakhir. Smartphone yang dirancang ulang harus memiliki kamera dengan kekuatan super nyata.

Namun, upgrade kamera pada S9 dan s9+ ini nampaknya dipicu oleh iPhone X dari Apple yang telah lebih dulu melakukan upgrade pada kameranya. iPhone X memang meningkatkan kemampuan sensor untuk menyalakan pengalaman realitas melalui lensa kamera. Beberapa pilihan seperti animasi, emoji, dan masker yang bisa mendeteksi ekspresi wajah.

iPhone X juga dilengkapi dengan metode otentikasi biometrik baru yang mengandalkan pengambilan biometrik wajah menggunakan unit kamera TrueDepth. Oleh karena itu, Samsung pun mungkin mencoba menyaingi produk Apple ini dalam segi perangkat sensor.

Bulan lalu, Samsung memang menyebutkan produk terbarunya akan melakukan upgrade chipset yang memiliki kemampuan pengindraan mendalam. Sehingga, para pengguna dapat merasakan pengalaman serupa dengan yang ada pada iPhone X, seperti memindai wajah secara 3D.

Tak ada notch

Seperti yang diketahui, iPhone X menambahkan notch pada perangkatnya untuk sensor pada kamera. Namun, dalam bocoran gambar Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galalxy S9+, yang didapat dari informan Smartphone handal, Evan Blass, menunjukkan tidak adanya notch pada produk baru Samsung tersebut.

Dilihat dari penampakannya, seri S9 dan S9+ ini hampir serupa dengan seri sebelumnya, yakni S8 dan S8+. Hal ini berarti Samsung belum menambahkan perangkat sensor pada seri terbarunya seperti yang dikatakan dan belum bisa menyaingi sensor mendalam pada iPhone X.

Sensor sidik jari

Sementara itu, pada bocoran gambar Samsung S9 dan Samsung S9+ tampak belakang, menunjukkan adanya sensor sidik jari yang diposisikan di bawah kamera belakang. Pada seri sebelumnya, sensor sidik jari ini juga sudah ada. Samsung hanya memindahkan posisinya saja.

Adanya sensor ini seakan-akan menunjukkan Samsung tidak begitu percaya diri dengan sensor wajah pada kamera yang sebelumnya disebutkan di atas. Sehingga perusahaan smartphone ini tetap mempertahankan sensor sidik jari.

Hal ini juga menunjukkan bahwa Samsung seringkali hanya melakukan pengulangan dalam upgrade-nya, daripada menambahkan fitur atau strategi baru dalam produk terbarunya.

Lensa ganda S9+

Seri Samsung Galaxy S9 dan S9+ memiliki perbedaan yang sangat jelas terlihat dari kamera belakangnya. Seri Samsung S9+ memiliki dua kamera belakang di mana S9 hanya memiliki satu.

Lensa ganda Samsung S9+ ini dapat digunakan untuk efek mendalam fotografi yang disempurnakan. Contohnya adalah bokeh, saat di mana subjek dipilih dengan tepat pada latar belakang yang tampak kabur, karena data stereoskopik yang dapat dikumpulkan oleh kedua lensa.

Lensa ganda ini juga dapat meningkatkan fotografi cahaya rendah. Ini memang tantangan yang selalu dihadapi kamera smartphone. Sensor kamera harus diperas ke dalam ruang kecil. (Annisa Fauziah)***

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/02/15/dirilis-februari-samsung-galaxy-s9-dan-samsung-galaxy-s9-coba-saingi-iphone-x

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dirilis Februari, Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ Coba Saingi iPhone X"

Post a Comment

Powered by Blogger.