Search This Blog

Muffler Knalpot Mobil, Berikut Fungsi dan Jenisnya - HarapanRakyat.com

Muffler knalpot mobil tentunya sangat penting. Sebab, komponen muffler pada knalpot mobil ini memiliki fungsi yang tidak boleh kita abaikan. Berikut akan kita bahas mengenai fungsi dan jenis dari komponen knalpot mobil satu ini.

Pada bagian knalpot mobil memang terdapat beberapa konstruksi yang memiliki peran masing-masing. Secara garis besar, setidaknya terdapat empat bagian dari konstruksi knalpot pada mobil. Keempatnya yaitu header atau downpipe, exhaust tip, mide-pipe, dan juga muffler.

Dari keempat bagian tersebut kali ini kita akan membahas mengenai bagian yang bernama muffler. Seperti apa bentuk dan penempatan muffler serta apa saja kegunaannya? Berikut akan kita bahas mengenai fungsi dan juga jenis muffler knalpot.

Baca Juga: Knalpot Mobil Tanpa Resonator, Berikut Beberapa Dampak Buruknya

Fungsi Muffler Knalpot Mobil

Muffler merupakan bagian yang berbentuk seperti tabung dan berukuran cukup besar. Komponen penting pada knalpot kendaraan roda empat ini berada di bagian belakang knalpot. Fungsinya yaitu sebagai peredam suara dari gas buang sebelum keluar melalui exhaust tip.

Proses pembakaran memang menghasilkan gas buang dengan tekanan udara dan suhu yang tinggi. Hal tersebut membuat udara gas buang menjadi mengembang cukup cepat sehingga akan menghasilkan suara keras.

Di sinilah fungsi muffler bermula yaitu sebagai peredam dengan mereduksi tekanan udara yang terlalu besar.

Sehingga suara yang keluar menjadi lebih rendah sebab tekanan udara juga lebih rendah. Hal tersebut terjadi karena muffler memiliki sekat dan pipa jalur gas buang yang berliku. Fungsinya yaitu untuk memutar udara gas buang saat masuk ke dalamnya.

Pipa jalur gas buang di dalam muffler knalpot mobil tersebut juga memiliki lubang-lubang kecil. Manfaatnya yaitu untuk memecah aliran udara saat berputar di dalam muffler. Proses tersebut merupakan peredam dengan mereduksi tekanan dari gas buang terlalu besar.

Dengan adanya muffler maka suara knalpot yang keluar tidak akan terlalu keras. Sehingga pastinya knalpot tidak akan mengeluarkan suara berisik yang mengganggu pengguna jalan lain. Hal tersebut tentunya sangat baik demi menjaga kenyamanan bersama.

Jenis Muffler Berdasarkan Bahan Bakunya

Jenis muffler pertama yaitu berdasarkan bahan baku atau bahan pembuatannya. Berdasarkan bahan baku muffler terdiri atas beberapa jenis yaitu:

Baca Juga: Cara Membuat Knalpot Mobil Keluar Api dan Penyebabnya

1. Stainless & Aluminium

Pertama terdapat jenis stainless dan aluminium yang lebih ringan namun kuat. Bahan ini bahkan juga lebih tahan terdapat karat sehingga sering menjadi pilihan untuk knalpot racing.

2. Muffler Knalpot Mobil Carbon

Carbon menjadi bahan yang terbaik untuk membuat muffler sebab bisa mengoptimalkan knalpot. Akan tetapi muffler carbon memiliki harga yang cukup mahal.

3. Galvanis

Berikutnya terdapat muffler knalpot yang terbuat dari bahan galvanis. Muffler ini akan tahan terhadap karat namun kekurangannya yaitu bobotnya cukup berat.

4. Titanium

Terakhir muffler titanium yang juga memiliki bobot ringan. Muffler ini juga kuat terhadap paparan suhu panas sehingga membuatnya lebih awet.

Jenis Muffler Berdasarkan Konstruksi Pembuatannya

Selain terbagi dari bahan pembuatannya, muffler juga terbagi berdasarkan konstruksi pembuatannya. Berikut adalah beberapa jenisnya:

1. Muffer Straight Flow

Jenis muffler ini memiliki saluran pipa lurus dengan lubang-lubang yang mengelilinginya. Dalam saluran tersebut terdapat absorption material yang berperan sebagai pelapis dan peredam suara. Biasanya untuk knalpot sport dan racing banyak yang menggunakan muffler knalpot mobil ini.

2. Muffler Resonance Chamber

Sama seperti sebelumnya, jenis ini juga memiliki banyak ruang yang berlubang-lubang. Lubang tersebut memiliki fungsi untuk ekspansi gas hasil pembakaran.

3. Muffler Baffle Silencer

Muffler ini memiliki tabung dengan banyak ruang yang berbentuk zig-zag. Fungsinya yaitu untuk meminimalkan suara emisi gas buang yang keluar dari knalpot. Hasilnya suara knalpot tidak akan terdengar terlalu bising dan tidak akan mengganggu pendengaran.

Baca Juga: Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

4. Muffler Standar Pabrikan

Sesuai namanya, muffler ini merupakan muffler asli dari pabrikan knalpot kendaraan. Untuk sirkulasi gas buang pada muffler ini memiliki saluran pipa masuk dan pipa buang.

Temperatur gas buang dari muffler ini juga rendah, sebab di dalamnya terdapat ruang resonansi.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi dan jenis-jenis dari komponen muffler knalpot mobil. Dengan pembahasan tersebut tentunya kita semakin paham dengan komponen mobil satu ini. Kita juga semakin memahami fungsinya serta tidak boleh menyepelekannya. (R10/HR-Online)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiPGh0dHBzOi8vd3d3LmhhcmFwYW5yYWt5YXQuY29tLzIwMjMvMDMvbXVmZmxlci1rbmFscG90LW1vYmlsL9IBQGh0dHBzOi8vd3d3LmhhcmFwYW5yYWt5YXQuY29tLzIwMjMvMDMvbXVmZmxlci1rbmFscG90LW1vYmlsL2FtcC8?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Muffler Knalpot Mobil, Berikut Fungsi dan Jenisnya - HarapanRakyat.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.