Search This Blog

Mengenal Fitoplankton, Tanaman Mikroskopis yang Menjadi Alasan Kita Bisa Hidup di Bumi Hingga Saat Ini - techno.okezone.com

Sebelum membahas fitoplankton, kita harus tau dulu apa itu plankton? Plankton adalah organisme kecil yang hidup di perairan Bumi. Ada banyak jenis plankton, dan mereka hidup di air asin dan air tawar.

Semua spesies plankton masuk ke dalam salah satu dari dua kelompok. Beberapa di antaranya adalah zooplankton, yang termasuk dalam kerajaan hewan. Yang lainnya adalah fitoplankton.

BACA JUGA:

Fitoplankton adalah tumbuhan. Seperti tumbuhan lainnya, mereka mampu melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, bentuk tumbuhan ini hidup di sekitar permukaan air. Posisi ini memberi mereka sinar matahari yang mereka butuhkan untuk tumbuh.

Nama plankton berasal dari bahasa Yunani "planktos" yang berarti "pengembara", kata ini sangat cocok untuk menggambarkan organisme berukuran mikroskopis ini.

Dilansir dari berbagai sumber, fitoplankton bergantung pada arus. Mereka tidak berenang dengan sirip atau tentakel. Sebaliknya, mereka melayang dari satu tempat ke tempat lain mengikuti pergerakan air tempat mereka tinggal.

Sudah berapa lama fitoplankton ada di bumi? Mereka sudah ada sejak lama sekali, mungkin jauh sebelum manusia ada. Para ilmuwan melacak spesies fitoplankton paling awal, setidaknya mereka sudah hidup sejak 2,4 miliar tahun yang lalu.

BACA JUGA:

Bahkan, banyak ahli percaya bahwa organisme yang sangat kecil ini adalah salah satu penyebab adanya kehidupan di Bumi saat ini.

Sebelum fitoplankton ada, atmosfer Bumi hanya memiliki sedikit oksigen bebas. Ini berarti udara di Bumi belum memungkinkan kita untuk bisa bernapas. Ketika fitoplankton muncul, mereka mulai menyerap karbon dalam jumlah besar dan melepaskan oksigen. Ini adalah bagian dari proses fotosintesis.

Seiring berjalannya waktu, hal ini menyebabkan lebih banyak hadirnya oksigen di atmosfer Bumi. Hal ini menyebabkan kehidupan di daratan, termasuk manusia. Tanpa penumpukan oksigen awal yang disebabkan oleh fitoplankton, sebagian besar kehidupan di Bumi saat ini mungkin tidak akan pernah ada.

Seperti yang Anda duga, organisme kecil ini masih sangat penting bagi kehidupan saat ini. Faktanya, para ilmuwan mengatakan bahwa meskipun ukurannya kecil, fitoplankton menyuplai sekitar setengah dari oksigen di atmosfer.

Jumlah itu sama dengan jumlah oksigen yang dihasilkan oleh semua tanaman di lahan kering jika digabungkan. Fitoplankton juga membantu mengurangi perubahan iklim dengan menghilangkan sejumlah besar karbon dari udara.

Bentuk kehidupan ini juga penting bagi keanekaragaman hayati di lautan dan danau di planet ini. Mereka adalah sumber makanan bagi kehidupan laut lainnya. Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil, fitoplankton memiliki dampak yang sangat besar bagi Bumi!

Ternyata fitoplankton juga memiliki dampak negatif. Ketika populasi mereka tumbuh terlalu besar, mereka bisa berbahaya bagi manusia dan hewan.

Mereka dapat menciptakan gelombang merah dan pertumbuhan ganggang yang membunuh kehidupan laut. Mereka juga dapat melukai manusia dan hewan lain yang memakan makanan laut yang terkontaminasi.

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMimwFodHRwczovL3RlY2huby5va2V6b25lLmNvbS9yZWFkLzIwMjMvMDMvMjQvNTYvMjc4Njk1NC9tZW5nZW5hbC1maXRvcGxhbmt0b24tdGFuYW1hbi1taWtyb3Nrb3Bpcy15YW5nLW1lbmphZGktYWxhc2FuLWtpdGEtYmlzYS1oaWR1cC1kaS1idW1pLWhpbmdnYS1zYWF0LWluadIBmgFodHRwczovL3RlY2huby5va2V6b25lLmNvbS9hbXAvMjAyMy8wMy8yNC81Ni8yNzg2OTU0L21lbmdlbmFsLWZpdG9wbGFua3Rvbi10YW5hbWFuLW1pa3Jvc2tvcGlzLXlhbmctbWVuamFkaS1hbGFzYW4ta2l0YS1iaXNhLWhpZHVwLWRpLWJ1bWktaGluZ2dhLXNhYXQtaW5p?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Fitoplankton, Tanaman Mikroskopis yang Menjadi Alasan Kita Bisa Hidup di Bumi Hingga Saat Ini - techno.okezone.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.