Search This Blog

5 Cara Mengatasi Laptop Lemot agar Kembali Ngebut, Coba Hapus Cache - CNN Indonesia

CNN Indonesia --

Laptop yang lambat atau lemot merupakan permasalahan yang kerap dialami pengguna. Sebelum membawanya ke tempat servis, Anda bisa mencoba cara mengatasi laptop lemot sendiri.

Seiring berjalannya waktu, laptop yang Anda miliki pasti akan menjadi lemot. Hal ini bisa terjadi karena semakin banyak aplikasi yang Anda instal yang membebani kinerja laptop, di sisi lain memori laptop tidak berubah.

Selain itu, perilaku pengguna laptop yang serampangan juga dapat memengaruhi kerja laptop menjadi semakin lemot.

Dilansir dari laman hp, berikut lima cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda coba untuk membuat laptop Anda menjadi kencang kembali.

1. Restart laptop

Portrait of young redhead woman working with computer laptop in office at summer during heatwave. The temperature is hot and the hair conditioner is broken. The girl sweats and feels exhaustedIlustrasi. Cara mengatasi laptop lemot agar kembali ngebut, salah satunya restart laptop (Istockphoto/Diego_cervo)

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop lemot adalah melakukan restart.

Saat ini banyak pengguna yang tidak mematikan laptop setelah digunakan dan hanya menggunakan mode sleep. Meski terlihat sangat praktis, tapi hal ini justru bisa membuat laptop menjadi lemot.

Dengan melakukan restart, maka laptop Anda akan menjadi lebih ringan. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mematikan laptop jika merasa sudah tidak ingin memakainya lagi dalam jangka waktu yang lama.

2. Hapus aplikasi yang tak terpakai

Jika melakukan restart tidak membuat laptop Anda menjadi kencang kembali, maka Anda bisa mencoba solusi berikutnya, yakni dengan menghapus aplikasi yang tak terpakai.

Anda tentu saja menginstal berbagai macam aplikasi untuk menunjang aktivitas.

Namun banyak pemilik laptop yang lupa kalau kapasitas penyimpanan laptopnya, terutama pada Random Access Memory atau RAM itu terbatas.

Pada saat terlalu banyak aplikasi yang diinstal, maka kecepatan RAM untuk menjalankan perintah akan menjadi semakin lambat.

3. Meningkatkan kapasitas RAM

Jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi lantaran masih diperlukan, maka Anda bisa memilih cara ini untuk membuat laptop Anda tetap ngebut.

Banyaknya aplikasi yang diinstal akan membuat RAM membutuhkan waktu semakin lama untuk bisa memproses perintah,

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat berapa RAM yang dibenamkan pabrikan ke laptop Anda. Jika Anda memiliki laptop dengan RAM 8GB, maka Anda bisa menaikkannya menjadi 16GB untuk membuat laptop Anda tetap ngebut.

4. Periksa virus

Ilustrasi mengetik di komputer pangkuIlustrasi. Cara mengatasi laptop lemot agar kembali ngebut, salah satunya periksa virus  (Pixabay/fancycrave1)

Selain kapasitas penyimpanan, serangan virus baik yang berjenis spyware, adware atau malware juga akan membuat laptop Anda menjadi semakin lemot.

Hal ini bisa dideteksi jika laptop Anda tiba-tiba mengalami penurunan performa yang sangat signifikan dalam waktu yang cepat.

Jika merasa ada yang tidak beres, maka Anda bisa mulai menjalankan aplikasi pemindaian antivirus. Hal ini berguna untuk memastikan jika laptop Anda mengalami serangan virus atau tidak.

5. Membersihkan cache

File sementara atau cache dari aplikasi, lama kelamaan akan menumpuk yang nantinya akan membebani kinerja laptop Anda. Untuk itu sangat penting bagi Anda membersihkan cache ini secara berkala.

Untuk melakukannya cukup mudah, bukalah file manager, dan klik kanan pada gambar di hard disk Anda seperti pada Drive C atau D.

Pilih properties dan cari tab general. Setelah itu klik tombol disk clean-up untuk membersihkan cache yang menumpuk.

Jika cara di atas tidak berhasil, sebaiknya Anda menghubungi teknisi untuk menanyakan lebih lanjut penyebab dan cara mengatasi laptop lemot tersebut.

(ahd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMigwFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL3Rla25vbG9naS8yMDIzMDMyMjIyMDg0NS0xOTAtOTI5NzQyLzUtY2FyYS1tZW5nYXRhc2ktbGFwdG9wLWxlbW90LWFnYXIta2VtYmFsaS1uZ2VidXQtY29iYS1oYXB1cy1jYWNoZdIBhwFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL3Rla25vbG9naS8yMDIzMDMyMjIyMDg0NS0xOTAtOTI5NzQyLzUtY2FyYS1tZW5nYXRhc2ktbGFwdG9wLWxlbW90LWFnYXIta2VtYmFsaS1uZ2VidXQtY29iYS1oYXB1cy1jYWNoZS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Cara Mengatasi Laptop Lemot agar Kembali Ngebut, Coba Hapus Cache - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.