Search This Blog

Sejarah Hari Ini: Inggris Meluncurkan Satelit Pertama secara Mandiri - Antariksa - Antariksa

ANTARIKSA -- Pada 28 Oktober 1971, Inggris meluncurkan satelit pertama yang dibuat dan diluncurkan sendiri. Satelit itu diberi nama Prospero, tapi juga dikenal sebagai X-3. 

Ini bukanlah satelit pertama Inggris, namun merupakan satelit pertama dan satu-satunya yang diluncurkan oleh program luar angkasa Inggris dengan salah satu roketnya sendiri. Enam satelit Inggris pertama semuanya diluncurkan dari Amerika Serikat dengan roket NASA. Prospero diluncurkan dengan roket pembawa yang disebut Black Arrow.

Misi Prospero adalah penerbangan keempat dan terakhir dari roket hitam tersebut. Prospero dirancang untuk mempelajari bagaimana lingkungan di luar angkasa mempengaruhi satelit komunikasi. 

Ia menguji sel surya dan sistem telemetri, dan bahkan memiliki detektor mikrometeoroid. Karena itu, ia mampu mendeteksi partikel kecil di luar angkasa yang merupakan ancaman bagi pesawat ruang angkasa. 

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: NASA Meluncurkan Astronot Apollo ke Orbit untuk Pertama Kalinya

Misi tersebut lepas landas dari Woomera Range Complex di Australia. Meskipun peluncurannya sukses, tahap akhir roket menabrak satelit setelah terpisah, dan tabrakan tersebut mematahkan salah satu dari empat antena radio Prospero. Namun satelit tersebut masih berfungsi dan tetap beroperasi hingga tahun 1973. Sumber: Space.com

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vYW50YXJpa3NhLnJlcHVibGlrYS5jby5pZC9zZWphcmFoLzE3MTMxNjg3MTMvc2VqYXJhaC1oYXJpLWluaS1pbmdncmlzLW1lbHVuY3Vya2FuLXNhdGVsaXQtcGVydGFtYS1zZWNhcmEtbWFuZGlyadIBfGh0dHBzOi8vYW50YXJpa3NhLnJlcHVibGlrYS5jby5pZC9zZWphcmFoL2FtcC8xNzEzMTY4NzEzL3NlamFyYWgtaGFyaS1pbmktaW5nZ3Jpcy1tZWx1bmN1cmthbi1zYXRlbGl0LXBlcnRhbWEtc2VjYXJhLW1hbmRpcmk?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejarah Hari Ini: Inggris Meluncurkan Satelit Pertama secara Mandiri - Antariksa - Antariksa"

Post a Comment

Powered by Blogger.