Search This Blog

Mau Pasang Water Heater di Rumah? Pertimbangkan Hal Ini - detikProperti

Daftar Isi

Jakarta -

Memasang water heater di rumah jadi pilihan orang yang ingin dengan mudah dapat akses air hangat untuk mandi. Karena dengan water heater kamu tidak perlu lagi merebus air untuk mandi dengan air hangat. Cara ini memang lebih praktis ketimbang memanaskan air dengan kompor.

Sebelum mulai memasang water heater, kamu perlu beberapa hal berikut agar tidak terjadi kesalahan saat memasang water heater. Mengutip dari Mitraruma, Sabtu (28/10/2023), berikut 4 hal yang perlu diperhatikan saat pasang water heater

Apa itu Water Heater?

Water heater adalah salah satu alat yang digunakan untuk memanaskan air secara praktis Biasanya alat ini dipasang di kamar mandi. Water heater dapat memanaskan air menggunakan elemen pemanas. Elemen pemanas tersebut berasal dari energi listrik atau gas yang berfungsi memanaskan air dengan cepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cek Rutin Instalasi Kelistrikan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek instalasi dan kebutuhan listrik untuk water heater dengan rutin. Sebelum membeli, sebaiknya kamu perlu memeriksa kapasitas penggunaan listrik untuk water heater.

Untuk Water heater listrik memerlukan daya listrik yang tinggi. Sedangkan water heater berbahan bakar gas, membuat konsumsi LPG harian kamu meningkat. Jadi, pastikan dengan baik pilihan water heater jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran harian kamu.

Memastikan Instalasi Listrik Sudah Aman

Di Indonesia, semua komponen dan peralatan listrik yang digunakan harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Maka dari itu, pastikan instalasi peralatan listrik yang digunakan sesuai dengan standar SNI dan grounding telah terpasang. Grounding merupakan jalur instalasi kabel listrik dengan sistem pertanahan (ditanam di dalam tanah).

Pemasangan grounding berguna untuk mengurangi atau menghindari bahaya yang diakibatkan oleh tegangan tinggi, korsleting, hingga petir. Tentu pemasangan instalasi ini bertujuan untuk menghindari adanya gangguan listrik pada saat kamu menggunakan water heater.

Posisi Water Heater

Saat memasang water heater, kamu perlu memperhatikan ruang dan posisi dari alat tersebut. Selain itu, penting juga menyiapkan instalasi pipa terpisah untuk jalur air panas dan jalur air dingin yang keluar dari water heater.

Jarak yang baik untuk pemasangan perangkat water heater listrik minimal 1,5 m dari lantai agar dapat memudahkan kamu dalam pengaturan alat. Selain itu, jarak ini juga akan membuat penggunaan water heater kamu lebih aman karena dapat terhindar dari cipratan air ketika mandi.

Harga dan Perawatan Water Heater

Pada dasarnya, water heater gas maupun listrik memiliki total biaya yang hampir sama. Water heater gas memiliki harga yang terbilang mahal, namun memiliki biaya penggunaan bulanan yang lebih murah.

Sementara, water heater listrik memiliki harga yang cukup murah. Akan tetapi, dengan biaya perawatan yang relatif mahal.

Dari segi pemeliharaan dan perawatan, kamu harus mengecek tangki water heater secara berkala. Hal ini dilakukan guna menghindari penumpukan endapan kotoran di dasar tangki.


Untuk water heater gas, kamu harus rutin memeriksa saluran gas untuk menghindari penumpukan sedimen pada pipa yang dapat mengganggu kinerja dari water heater gas.


Buat detikers yang punya permasalahan seputar rumah, tanah atau properti lain. Baik itu berkaitan dengan hukum, konstruksi, pembiayaan dan lainnya, tim detikProperti bisa bantu cari solusinya. Kirim pertanyaan Kamu via email ke tanya@detikproperti.com dengan subject 'Tanya detikProperti', nanti pertanyaan akan dijawab oleh pakar

Simak Video "Allure Mansion, Hunian Strategis Tepi Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMicGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wcm9wZXJ0aS90aXBzLWRhbi1wYW5kdWFuL2QtNzAwODc3OC9tYXUtcGFzYW5nLXdhdGVyLWhlYXRlci1kaS1ydW1haC1wZXJ0aW1iYW5na2FuLWhhbC1pbmnSAXRodHRwczovL3d3dy5kZXRpay5jb20vcHJvcGVydGkvdGlwcy1kYW4tcGFuZHVhbi9kLTcwMDg3NzgvbWF1LXBhc2FuZy13YXRlci1oZWF0ZXItZGktcnVtYWgtcGVydGltYmFuZ2thbi1oYWwtaW5pL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Pasang Water Heater di Rumah? Pertimbangkan Hal Ini - detikProperti"

Post a Comment

Powered by Blogger.