Search This Blog

BEST SMARTPHONE 2018: MOBILE PHOTOGRAPHY - ArenaLTE

ArenaLTE.com -

Fitur kamera saat ini menjadi fitur primadona di jagad smartphone. Setiap pabrikan smartphone, berlomba-lomba menghadirkan kemampuan fotografi yang mempesona pada seri-seri terbarunya. Dimulai dengan perlombaan besaran resolusi kamera, lantas kemampuan memotret selfie dan rekam video, dilanjutkan dengan jumlah kamera yang dipasangkan pada smartphone.
 
Semua itu untuk memikat pengguna, yang memang saat ini tengah dimabukkan dengan kegemaran berfoto ria. Baik foto selfie, group selfie, foto kuliner dan aneka dokumentasi kegiatan. Yang ujung-ujungnya adalah posting di media sosial.
 
Setiap seri dari masing-masing pabrikan, menawarkan keunggulan tersendiri. Karenanya, persaingan pada aspek kemampuan fotografi ini termasuk paling ketat. Sekadar diketahui, banyaknya kamera yang terpasang belum tentu menghasilkan foto yang bagus. Begitu pula, besarnya resolusi kamera, juga belum menjamin foto yang dihasilkan akan sempurna.
 
Mempertimbangkan hal tersebut, dan aspek lain, seperti kemampuan menghasilkan foto dalam segala suasana (daylight dan lowlight/night), kepintaran fitur kamera dalam memberikan komposisi terbaik yang disesuaikan dengan suasana –yang ini terkait dengan teknoloi artificial intelligent (AI) yang dibenamkan, ArenaLTE memilih Huawei P20 Pro sebagai smartphone terbaik yang rilis di 2018 untuk kategori mobile photography.
 
Pemilihan P20 Pro ini sebenarnya agak dilematis, mengingat di penghujung tahun Huawei sempat merilis seri terbaru, Mate 20 Pro, yang punya spesifikasi lebih monster ketimbang pendahulunya ini. Namun, mengingat waktu penilaian pada Mate 20 Pro yang terlalu singkat dan waktunya yang mepet ke penghabisan tahun, kiranya lebih tepat memasukkan P20 Pro sebagai yang terbaik di segi mobile photography.
 
Baiklah, apa yang membuat smartphone ini dipilih sebagai yang terbaik untuk mobile photography? Pertama, tentunya adalah kualitas kamera yang menyertai. P20 Pro memiliki tiga lensa dengan besaran 40 Mpix + 20 Mpix dan 8 Mpix yang memiliki aperture besar. Ini membuatnya mampu menangkap cahaya jauh lebih baik. Lensa yang dipakai adalah buatan Leica, produsen lensa terkemuka dunia.

 
Ketiga lensa inipun memiliki sudut tangkap yang lebih lebar (wide). Masing-masing lensa memiliki fungsi tersendiri, satu untuk lensa utama, lensa kedua yang BW berfungsi memberi sentuhan lebih alami pada foto, serta satu lensa lagi berfungsi untuk telephoto. Kombinasi ketiganya menghasilkan foto yang lebih tajam, natural dalam komposisi warna.


 
Tetapi yang paling menonjol dari kamera P20 Pro adalah kemampuannya memotret dalam kondisi low light dan malam hari, di mana ketersediaan cahaya sangat minim. P20 Pro masih mampu menghasilkan foto yang tajam dan terang dalam kondisi tersebut. Kameranya mampu memaksimalkan cahaya yang ada, merekam dan menyajikannya dalam sebuah foto yang mempesona.
 
Tidak hanya soal kapasitas kamera yang di atas rata-rata. Huawei P20 Pro juga dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) yang canggih. Teknologi AI yang dimilikinya mampu mengenali beragam scenario dan kondisi ketika memotret. Kamera mampu mengenali keadaan atau suasana ketika memotret, dan secara otomatis mengatur setelan yang tepat, serta memberikan penekanan pada aspek warna tertentu. Seperti, kamera dengan cepat mengenali suasana sunrise/sunset, dan memberikan pengaturan ideal untuk pemotretan dalam suasana tersebut. Hasilnya adalah foto sunrise/sunset yang dramatis.
 
Sekarang, soal kemampuannya mendukung selfie. Dilengkapi kamera depan sebesar 24 Mpix (f/2.0), dengan lensa lebar (wide) buatan Leica juga. Lensa lebar membantu memperluas ruang tangkap, sehingga group selfie jadi lebih menyenangkan. Teknologi AI membantu mengenali karakter wajah serta “mempercantik” sehingga pengguna bisa lebih pede memejeng hasil foto di media sosial.
 
Jadi, memang mesti diakui, Huawei P20 Pro menjadi terobosan paling hebat dalam segi mobile photography di tahun 2018 ini. Kemampuan dan teknologi yang dimilikinya, memberi perspektif baru dalam segi memotret dengan perangkat smartphone. Sekaligus, menjadi trend setter untuk kehadiran smartphone-smartphone kamera berikutnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://arenalte.com/berita/best-smartphone-2018-mobile-photography/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BEST SMARTPHONE 2018: MOBILE PHOTOGRAPHY - ArenaLTE"

Post a Comment

Powered by Blogger.