Search This Blog

Samsung Galaxy Z Fold 5, HP Lipat Produktif Tanpa Gimik - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada gelaran 'Galaxy Unpacked' beberapa saat lalu, semua perhatian tertuju pada Samsung Galaxy Z Flip 5. HP lipat tersebut hadir dengan perubahan signifikan yang langsung terlihat di depan mata: layar sekunder (cover screen) super besar.

Lantas, bagaimana dengan sang 'kakak'? Jujur saja, Samsung Galaxy Z Fold 5 tak membawa perubahan menggelegar, baik dari aspek desain maupun spesifikasi di atas kertas.

Namun, hal ini justru menjadi poin plus. Samsung membuktikan bahwa kualitas yang mumpuni tak memerlukan 'gimmick marketing' berlebihan. Perubahan yang dihadirkan Galaxy Z Fold 5 benar-benar fokus pada aspek krusial untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

CNBC Indonesia berkesempatan menjajal HP ini selama beberapa hari. Ada 4 poin utama yang kami highlight pada Galaxy Z Fold 5, dari sisi desain hingga performa. Simak selengkapnya untuk tahu apakah HP ini sesuai dengan kebutuhan Anda dan layak dipertimbangkan.

Bobot ringan layar dobel

Keunggulan utama HP lipat model buku adalah fleksibilitasnya untuk mengakses layar super besar, namun tetap ringkas dibawa ke mana-mana karena bisa dilipat dan dimasukkan ke kantong. Pengguna seperti punya tablet mini dan HP sekaligus dalam satu perangkat.

Hanya saja, kekurangan HP lipat selama ini terletak pada bobot yang berat. Paling terasa ketika membaca e-book atau scrolling media sosial sambil rebahan di atas kasur. Tangan akan cepat pegal.

Samsung memperbaiki isu ini pada Galaxy Z Fold 5. Bobotnya dibuat lebih ringan 10 gram, menjadi 253 gram. Perubahan kecil ini membawa dampak besar bagi kenyamanan sehari-hari, terutama bagi yang memiliki kebiasaan mengakses aplikasi hiburan dalam waktu lama.

Samsung Galaxy Z Flip 5Foto: Kartini Bohang

Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro Max memiliki bobot tak jauh beda, yakni 240 gram untuk layar 6,7 inci. Di sisi lain, Galaxy Z Fold 5 memberikan keleluasaan lebih dengan layar utama 7,6 inci dan layar sekunder (cover screen) 6,2 inci.

Tingkat kecerahan layar maksimal diperbarui ke 1.750 nits dari yang sebelumnya 1.200 nits, sehingga lebih andal ketika dipakai di luar ruangan (outdoor) dengan paparan sinar matahari langsung.

Bobot ringan dan spesifikasi layar top-notch dipadankan dengan speaker dua sisi yang membuat pengalaman menonton atau mendengar lagu tanpa earphone 'manis' di telinga.

Ketahanan enggak kaleng-kaleng

Aspek desain lainnya yang perlu diapresiasi adalah lipatan lurus tanpa gap di bagian tengah atau diistilahkan 'Flex Hinge'. Teknologi layar ini memungkinkan mekanisme buka-tutup yang lebih mulus dan kokoh.

Pemangkasan celah atau lubang di tengah lipatan membuat Galaxy Z Fold 5 lebih tipis 2,4mm menjadi 13,4mm dalam keadaan tertutup. Bekas lipatan (crease) pun lebih minim dibandingkan generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy Z Fold 5 (CNBC Indonesia/Tini Bohang)Foto: Samsung Galaxy Z Fold 5 (CNBC Indonesia/Tini Bohang)
Samsung Galaxy Z Fold 5 (CNBC Indonesia/Tini Bohang)

Samsung mengklaim Galaxy Z Fold 5 tahan buka-tutup hingga 200.000 kali berdasarkan sertifikasi dari Bureu Veritas. Raksasa Korea Selatan ini juga menjamin ketahanan perangkat dengan menggunakan material bodi Armor Aluminium 'kelas militer'.

Tak cuma itu, bagian depan dan belakang HP dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus 2. Saat menggenggam HP ini, bisa dirasakan bahannya tak kaleng-kaleng.

Sentuhan terakhir yang menjamin durabilitasnya adalah sertifikasi anti-debu dan anti-air IPX8. Pengguna bisa membawa HP ini untuk 'celup-celup' di dalam air setinggi 3 meter hingga 30 menit. Untuk skenario sehari-hari, Anda tak perlu khawatir jika HP kehujanan atau ketumpahan air minum.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMicmh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzA3MzEwMjQ1MzItMzctNDU4NTUxL3NhbXN1bmctZ2FsYXh5LXotZm9sZC01LWhwLWxpcGF0LXByb2R1a3RpZi10YW5wYS1naW1pa9IBdmh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzA3MzEwMjQ1MzItMzctNDU4NTUxL3NhbXN1bmctZ2FsYXh5LXotZm9sZC01LWhwLWxpcGF0LXByb2R1a3RpZi10YW5wYS1naW1pay9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Samsung Galaxy Z Fold 5, HP Lipat Produktif Tanpa Gimik - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.