Search This Blog

Nokia Luncurkan HP yang Bisa Diservice Sendiri, Anda Minat? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Nokia resmi meluncurkan ponsel seri terbarunya yang dinamakan Nokia G22. Ponsel pintar itu didesain supaya bisa diperbaiki sendiri oleh pengguna, dilengkapi pula dengan perangkat untuk memperbaikinya.

Nokia G22 sebetulnya smartphone standar dengan layar 6,5 inci dan kamera utama 50 megapiksel dan dikembangkan oleh pabrikan Finlandia, HMD Global. Namun, desainnya yang bisa diperbaiki sendiri menjadikannya istimewa.

Ponsel ini dibuat dengan menyertakan bagian belakang plastik yang dapat didaur ulang. Bagian belakang itu juga dapat dengan mudah dilepas untuk menukar komponen yang rusak.

Berbekal alat dan panduan perbaikan dari firma advokasi perbaikan perangkat keras iFixit, pengguna dapat melepas dan mengganti penutup belakang ponsel, baterai, layar, dan port pengisian daya.

Meski dapat diperbaiki sendiri, ponsel pintar terbaru Nokia ini bukan berarti gampang rusak. Ponsel ini didesain lebih mudah diperbaiki penggunanya sendiri karena menyesuaikan tuntutan regulator dan konsumen yang meminta adanya hak untuk memperbaikin gawainya secara mandiri dal lebih mudah.

Kepala Pemasaran Produk HMD Global, Adam Ferguson mengatakan, biaya proses perbaikan sendiri rata-rata 30% lebih murah daripada mengganti ponsel lama dengan yang baru.

Kendati begitu, ada satu kekurangan pada Nokia G22, yaitu hanya memenuhi tolok ukur IP52 untuk ketahanan terhadap zat yang merusak. Dengan demikian, ponsel ini tidak kebal terhadap kerusakan air.

Ferguson mengatakan tidak dapat mencapai fitur ini karena terbentur pada target harga ponsel.

FILE PHOTO: A cyclist rides past a Nokia logo during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 25, 2018. REUTERS/Yves HermanFoto: REUTERS/Yves Herman
FILE PHOTO: A cyclist rides past a Nokia logo during the Mobile World Congress in Barcelona, Spain February 25, 2018. REUTERS/Yves Herman

Ponsel G22, yang akan dirilis di Inggris pada 8 Maret, dibanderol dengan harga mulai dari £149,99 (US$179,19) atau sekitar Rp2,7 juta.

Adapun bagian yang dapat diganti bisa dibeli secara terpisah dari iFixit. Untuk baterai, harganya £22,99; untuk tampilan, £44,99, dan untuk port pengisian daya, £18,99.

Perusahaan smartphone kini juga semakin berupaya membuat ponsel yang mampu bertahan lebih lama di tengah tekanan dari regulator untuk membuat perangkat elektronik lebih berkelanjutan.

Para anggota Parlemen Uni Eropa, misalnya, telah menyerukan pembuatan undang-undang yang akan memaksa produsen untuk memberi pengguna hak untuk memperbaiki atau right to repair. Ini mengacu pada gerakan konsumen yang juga telah mengkampanyekan hal serupa.

The European Commission's Green New Deal juga telah menyepakati konsep ekonomi sirkular pada 2050, yang artinya mendorong hampir semua barang fisik dapat digunakan kembali, diperbaiki, atau didaur ulang untuk meminimalkan limbah.

Selama ini, memperbaiki ponsel, menjadi lebih rumit karena baterai dan komponen lainnya disegel dengan lem. Ini seperti yang diterapkan Apple, yang telah lama enggan mengubah kebijakan perbaikannya atau repair policy.

Namun, pada November 2021 Apple telah memutuskan untuk meluncurkan program yang mereka sebut self-service repair yang memungkinkan pelanggan hanya cukup membeli suku cadang untuk memperbaiki perangkat mereka sendiri.

Pada Desember, perusahaan pembuat iPhone itu memperluas program ini ke delapan negara Eropa, termasuk Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Spanyol, Swedia, dan Inggris.

"Karena konsumen semakin menuntut perangkat yang lebih berkelanjutan dan tahan lama, kemampuan untuk memperbaiki smartphone dengan mudah dan terjangkau akan menjadi pembeda utama di pasar," kata Ben Wood, analis utama di CCS Insight.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

iPhone Kemahalan, Ini 5 Rekomendasi HP di Bawah 8 Juta


(hsy/hsy)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMidWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzAyMjYxODE0MDAtMzctNDE3MDg0L25va2lhLWx1bmN1cmthbi1ocC15YW5nLWJpc2EtZGlzZXJ2aWNlLXNlbmRpcmktYW5kYS1taW5hdNIBeWh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzAyMjYxODE0MDAtMzctNDE3MDg0L25va2lhLWx1bmN1cmthbi1ocC15YW5nLWJpc2EtZGlzZXJ2aWNlLXNlbmRpcmktYW5kYS1taW5hdC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nokia Luncurkan HP yang Bisa Diservice Sendiri, Anda Minat? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.