Search This Blog

iPhone Tak Lebih Aman dari HP Android, Ini Buktinya! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna iPhone agaknya perlu waspada. Beberapa saat lalu, Apple mengumumkan ada celah keamanan (bug) pada layanan pembuat aplikasi berbasis web (WebKit) yang sudah ditambal melalui pembaruan iOS.

Kini, peneliti keamanan mengungkap lebih lanjut kerentanan yang ada di sistem operasi iOS dan macOS. Akibatnya, peretas bisa mengeksploitasinya dan mencuri data sensitif pengguna.

Menurut temuan Trellix Advanced Research Centre, celah keamanan baru di iPhone dan Mac memungkinkan aplikasi berbahaya mengelabui lapisan keamanan (sandbox) milik Apple. Informasi pribadi yang bisa dicuri antara lain pesan singkat, data lokasi, rekam jejak panggilan, serta foto.

Riset terbaru Trellix menyusul penelitian yang sebelumnya digelar Google dan Citizen Lab pada 2021 lalu. Kala itu, ditemukan tool bernama 'ForcedEntry' yang dimanfaatkan tim software mata-mata (spyware) asal Israel, NSO Group.

Spyware itu diam-diam meretas iPhone milik pegawai pemerintahan. Menanggulangi hal ini, Apple memperkuat sistem keamanannya dengan menambahkan kode mitigasi baru.

Sayangnya, temuan terbaru Trellix menyebut kode mitigasi Apple itu tak cukup tangguh menahan serangan siber yang sama, dikutip dari TechCrunch, Kamis (23/2/2023).

Sejauh ini, belum ada bukti bahwa kerentanan Apple sudah disusupi peretas. Namun, Trellix menekankan bahwa isu ini menunjukkan software Apple tak lebih aman dari sistem operasi lain.

"Kerentanan yang ditemukan tim kami pekan ini benar-benar meruntuhkan model keamanan Apple," kata Doug McKee, direktur Vulnerability Reasearch di Trellix.


[Gambas:Video CNBC]

(tib)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMibmh0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyMzAyMjMxNTM4MTItMzctNDE2NDE2L2lwaG9uZS10YWstbGViaWgtYW1hbi1kYXJpLWhwLWFuZHJvaWQtaW5pLWJ1a3Rpbnlh0gFyaHR0cHM6Ly93d3cuY25iY2luZG9uZXNpYS5jb20vdGVjaC8yMDIzMDIyMzE1MzgxMi0zNy00MTY0MTYvaXBob25lLXRhay1sZWJpaC1hbWFuLWRhcmktaHAtYW5kcm9pZC1pbmktYnVrdGlueWEvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "iPhone Tak Lebih Aman dari HP Android, Ini Buktinya! - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.