Search This Blog

Asus Sudah Perbarui Sistem Keamanan Setelah Diserang ShadowHammer - Suara.com

Suara.com - Belum lama ini, Kaspersky Labs memaparkan sejumlah perangkat yang terkena malware ShadowHammer yang sialnya menjangkiti ratusan ribu laptop dan PC Asus.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Asus cepat meresponnya dengan melakukan perbaikan terhadap malware tersebut dengan membuat patch keamanan yang bisa diunduh lewat software Live Update-nya.

Sebagaimana dikutip dari The Verge pada Rabu (27/3/2019), perusahaan asal Taiwan itu mengklaim sudah memiliki dua peranti diagnostik yang akan secara otomatis memindai komputer atau laptop Asus. Jika positif terdeteksi, maka sistem akan langsung memperbaikinya.

"Kami mengajak para pengguna yang peduli terhadap masalah ini untuk menjalankan (diagnostik keamanan) ini sebagai bagian dari tindakan pencegahan," demikian pernyataan tertulis Asus yang disertai dengan tautan ke software.

Anehnya, meski data yang dirilis Kaspersky Labs sudah dinyatakan valid, namun pihak Asus sendiri enggan meminta maaf kepada pengguna laptop dan komputer Asus yang sudah terjangkiti malware.

Asus, dalam keterangan resminya, mengatakan bahwa ShadowHammer menyerang menggunakan metode Advanced Persistent Threat (APT). Metode ini biasanya ditemukan dalam serangan siber skala nasional dan biasanya ditujukan kepada negara tertentu dengan target organisasi atau entitas internasional, bukan konsumen langsung.

Meski demikian Asus menyebut kejadian ini sebagai hal yang wajar dengan berdalih bahwa "hanya segelintir pengguna yang ditargetkan oleh serangan ini."

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://www.suara.com/tekno/2019/03/27/220118/asus-sudah-perbarui-sistem-keamanan-setelah-diserang-shadowhammer

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Asus Sudah Perbarui Sistem Keamanan Setelah Diserang ShadowHammer - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.