Search This Blog

Sejumlah Pengguna Google Drive Desktop Lapor Kehilangan File • Jagat Review - Jagat Review

Reading time:

November 29, 2023

Belakangan ini sejumlah pengguna melaporkan bahwa mereka kehilangan file di Google Drive, dengan data sinkronisasi jadi mundur beberapa bulan, bahkan ada yang beberapa tahun ke belakang. Google sudah mengonfirmasi masalah ini dan masih melakukan investigasi.

google drive desktop

Berbagai laporan tadi cukup ramai di bahas dalam forum Google Support. Ada yang mengatakan bahwa semua file yang mereka simpan di Google Drive hilang setelah Mei 2023 alias tujuh bulan ke belakang, bahkan ada juga yang mengatakan file spreadsheet yang dibuat sejak 2016 dan rutin di update, data terbarunya hilang sejak 2019 hingga sekarang alias empat tahun ke belakang.

Kebanyakan dari laporan tersebut mengakui bahwa mereka menggunakan aplikasi Google Drive untuk Desktop, baik di Windows dan Mac. Faktor penyebab hilangnya file tersebut masih cukup misteri, karena dalam tab Activites juga tidak ada indikasi apa pun file yang hilang dan tak hanya data di perangkat saja tapi hilangnya data tersebut juga menghilang dari akun Google Drive pengguna.

Google Sedang Investigasi

Tak lama setelah masalah ini ramai, Google mengonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki kasus ini. Lebih lanjut dikatakan bahwa masalah ini terjadi pada sejumlah kecil pengguna yang memakai Google Drive untuk Desktop, diyakini merupakan masalah sinkronisasi pada aplikasi versi 84.0.0.0 hingga 84.0.4.0 yang belum lama ini dirilis.

Google juga memperingatkan pengguna agar tidak memutus sambungan akun di dalam Google Drive untuk Desktop terlebih dahulu. Mereka juga mewanti-wanti agar tidak menghapus atau memindahkan folder data aplikasi yang terletak di folder AppData\Local\Google\DriveFS untuk Windows atau di Library/Application Support/Google/DriveFS untuk macOS.

Meskipun diklaim hanya sejumlah pengguna kecil, jelas ini masalah yang sangat krusial karena bisa saja data-data yang hilang tersebut adalah data penting untuk bisnis dan lainnya mengingat Google Drive cukup banyak penggunanya. Harapannya data tersebut tidak benar-benar terhapus dari server Google dan bisa dipulihkan. Kalau kalian, ada yang mengalami juga?

Sumber 1 | 2

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiSGh0dHBzOi8vd3d3LmphZ2F0cmV2aWV3LmNvbS8yMDIzLzExL2RhdGEtaGlsYW5nLWRpLWdvb2dsZS1kcml2ZS1kZXNrdG9wL9IBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejumlah Pengguna Google Drive Desktop Lapor Kehilangan File • Jagat Review - Jagat Review"

Post a Comment

Powered by Blogger.