Search This Blog

Wujud Ambisi Bos Tesla Bikin Manusia Bisa Telepati: Uji Coba Tanam Chip di Otak Babi - Wow Keren

Wujud Ambisi Bos Tesla Bikin Manusia Bisa Telepati: Uji Coba Tanam Chip di Otak Babi

Elon Musk kembali memperkenalkan chip buatan Neuralink, salah satu perusahaan startup-nya, yang diproyeksikan bisa ditanam di otak dan berfungsi membantu manusia mengendalikan teknologi.

WowKeren - Bos Tesla, Elon Musk dikenal memiliki ambisi besar untuk menerapkan teknologi yang jauh lebih canggih dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk di antaranya berambisi agar seseorang bisa mengontrol gawai elektronik dengan pikirannya bermodalkan chip yang ditanam di otak.

Rencana ini jelas menjadi pro dan kontra, namun Musk tak gentar. Bahkan belum lama ini miliarder yang baru saja memiliki anak tersebut memperkenalkan seekor babi bernama Gertrude yang sudah ditanami chip seukuran koin di otaknya.

Gertrude merupakan bagian dari analoginya terkait rencana ambisius mencangkok chip pada makhluk hidup. "Ini seperti Fitbit (produsen jam tangan canggih yang berfungsi sebagai pelacak aktivitas) di tengkorak Anda dengan kabel kecil," jelas Musk lewat rilis pers yang disampaikan melalui YouTube.

Gertrude bukan satu-satunya babi yang sudah ditanami chip dalam aksi demo yang disiarkan Jumat (29/8) pekan lalu itu. Gertrude sendiri dilaporkan memerlukan beberapa waktu agar terbiasa dengan keberadaan chip di otaknya, namun setelah itu semua berjalan "normal".

Karena keberadaan chip di otaknya, aktivitas saraf Gertrude pun muncul serupa grafik di pengamatan para peneliti. Prosesor di otaknya kemudian akan mengirimkan sinyal nirkabel yang sesuai dengan aktivitas saraf moncongnya ketika mencari makanan.

Chip ini diproduksi oleh perusahaan startup Neuralink yang ia miliki. Sedianya setelah ini Neuralink akan mencoba menanamkan chip itu di manusia sehingga bisa "bertelepati" dengan gawai elektroniknya seperti ponsel dan komputer.

Namun tentu saja agenda besar penanaman chip ini bukan semata-mata demi mengendalikan gawai. Musk berpendapat bahwa chip buatannya ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit seperti demensia atau pikun, parkinson, sampai cedera tulang belakang.

Neuralink sendiri sudah memperkenalkan chip ini sejak lebih dari setahun lalu, namun kali ini ukurannya telah disederhanakan dan dibuat lebih kecil. "Ini benar-benar pas di tengkorak Anda. Bisa di bawah rambut Anda dan Anda tidak akan tahu," pungkas Musk.

(wk/elva)

You can share this post!

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiMGh0dHBzOi8vd293a2VyZW4uY29tL2Jlcml0YS90YW1waWwvMDAzMjc0OTguaHRtbNIBOGh0dHBzOi8vd3d3Lndvd2tlcmVuLmNvbS9hbXAvYmVyaXRhL3RhbXBpbC8wMDMyNzQ5OC5odG1s?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wujud Ambisi Bos Tesla Bikin Manusia Bisa Telepati: Uji Coba Tanam Chip di Otak Babi - Wow Keren"

Post a Comment

Powered by Blogger.