Search This Blog

Google Sediakan Internet Gratis via Wi-Fi Hotspot

JAKARTA - Google membagikan jaringan hotspot Wi-Fi gratis di Nigeria. Ini merupakan negara ke-5 bagi Google untuk memberikan program internet gratis, setelah India, Indonesia,Meksiko, dan Thailand.

Melansir Reuters, Minggu (29/7/2018) pembagian internet gratis merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kehadiran Google di negara Afrika yang paling padat penduduknya. Perusahaan milik Alphabet Inc ini telah bekerja sama dengan penyedia jaringan di Nigeria 21st Century.

BERITA TERKAIT +

Menurut data World Bank, penetrasi internet relatif rendah di Nigeria. Sekitar 25,7 persen dari populasi menggunakan internet pada 2016. Infrastruktur internet yang buruk merupakan tantangan besar bagi bisnis yang beroperasi di negara tersebut, yang merupakan produsen minyak terbesar di Afrika. Layanan Broadband tidak dapat diandalkan atau tidak dapat dijangkau oleh banyak dari 190 juta penduduk Nigeria.

"Kami meluncurkan layanan di Lagos hari ini tetapi rencananya adalah dengan cepat memperluas ke lokasi lain," kata Anjali Joshi, wakil presiden Google untuk manajemen produk.

Anjali menambahkan pihaknya memiliki tujuan untuk berkolaborasi dengan penyedia layanan internet untuk menjangkau jutaan warga Nigeria di 200 ruang publik di lima kota pada akhir 2019.

Google

Baca Juga: Bos Google Ancam Android Tak Gratis Lagi

Selain itu, menurut dia, Facebook berencana untuk membagi pendapatan dengan para mitranya untuk membantu mereka mempertahankan dan menyebarkan layanan Wi-Fi tetapi tidak mengungkapkan pembagian pendapatan iklan yang diharapkan.

Sebagai informasi, layanan gratis tersebut memang ditujukan untuk negara-negara dengan populasi yang berkembang pesat. PBB memperkirakan Nigeria akan menjadi negara ketiga terbesar di dunia, setelah China dan India, pada 2050.

"Banyak orang yang menemukan data terlalu mahal untuk digunakan, menggunakannya. Di India, kami memiliki puluhan juta pengguna, dan hampir satu juta di Meksiko." kata Anjali.

Lebih lanjut, pertumbuhan penduduk yang cepat di Afrika, jatuhnya biaya data dan adopsi ponsel yang berat telah membuatnya menjadi prospek investasi yang menarik bagi perusahaan teknologi. Tetapi banyak yang tidak mengungkapkan betapa menguntungkan pasar benua itu, atau jika mereka menghasilkan uang perusahaan sama sekali.

Wakil Presiden Nigeria Yemi Osinbajo menyambut baik upaya untuk meningkatkan konektivitas internet dalam sebuah pidato di konferensi Google di Lagos pada hari Kamis.

"Akses terhadap informasi berarti bahwa kesenjangan dalam kesetaraan dan pengecualian telah dijembatani," kata Osinbajo.

Tahun lalu, Google juga mengumumkan rencana untuk melatih 10 juta orang Afrika dalam keterampilan online dalam lima tahun.

Google

Baca Juga: Biaya Sekuriti Pribadi Mark Zuckerberg Capai Rp144 Miliar

(ahl)

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://techno.okezone.com/read/2018/07/29/207/1928918/google-sediakan-internet-gratis-via-wi-fi-hotspot

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Google Sediakan Internet Gratis via Wi-Fi Hotspot"

Post a Comment

Powered by Blogger.