Search This Blog

Daftar Kode Error di Internet Termasuk 404 dan 504, Cek Maknanya - CNN Indonesia

Daftar Isi
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika berselancar di internet, kemungkinan menemui kendala dan muncul kode yang mengindikasikan situs tersebut bermasalah atau error. Salah satu kode error yang paling sering muncul adalah tulisan '404 Not Found'.

Kendati begitu, kode error tidak cuma 404, ada jenis-jenis error lainnya di internet. Beda kode maka berbeda pula masalah pada situs atau laman yang diakses.

Berikut adalah jenis-jenis kode error di internet yang paling sering terjadi, mengutip Mozilla:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. 307 Temporary Direct

Kode 307 Temporary Direct menunjukkan sumber daya yang diminta telah dipindahkan sementara ke URL yang diberikan oleh tajuk Location.

Metode dan isi dari permintaan asli akan digunakan kembali untuk melakukan permintaan yang dialihkan. Jika ingin metode yang digunakan diubah menjadi GET, gunakan 303 See Other sebagai gantinya.

ADVERTISEMENT

2. 308 Permanent Redirect

Kode 308 Permanent Redirect mengindikasikan sumber daya yang diminta telah dipindahkan secara definitif ke URL yang diberikan oleh tajuk Lokasi. Peramban mengalihkan ke halaman ini dan mesin pencari memperbarui tautan mereka ke sumber daya (dalam 'bahasa SEO', dikatakan 'link-juice' dikirim ke URL baru).

3. 400 Bad Request

Kode 400 Bad Request menunjukkan server tidak dapat atau tidak akan memproses permintaan karena sesuatu yang dianggap sebagai kesalahan klien. Misalnya, sintaks permintaan yang salah, pembingkaian pesan permintaan yang tidak valid, atau perutean permintaan yang menipu.

4. 401 Unauthorized

400 Unauthorized adalah kode yang menunjukkan permintaan klien belum selesai karena tidak memiliki kredensial autentikasi yang valid untuk sumber daya yang diminta. Kode status ini dikirim dengan header respons HTTP WWW-Authenticate yang berisi informasi tentang bagaimana klien dapat meminta sumber daya lagi setelah meminta kredensial autentikasi kepada pengguna.

5. 403 Forbidden

Jenis error di internet berikutnya adalah kode 403 Forbidden. Kode ini mengindikasikan server memahami permintaan tapi menolak untuk mengotorisasinya. Akses terkait dengan logika aplikasi, seperti hak yang tidak mencukupi untuk suatu sumber daya.

6. 404 Not Found

Kode 404 Not Found kemungkinan error yang paling sering dijumpai saat berselancar di internet. Kode ini mengindikasikan server tidak dapat menemukan sumber daya yang diminta.

Tautan yang mengarah ke halaman 404 sering disebut tautan rusak atau mati dan dapat mengalami pembusukan tautan.

7. 408 Request Time Out

Kode error lain yang juga sering dijumpai adalah 408 Request Time Out. Kode ini berarti server ingin mematikan koneksi yang tidak digunakan ini. Kode ini dikirim pada koneksi yang tidak digunakan oleh beberapa server, bahkan tanpa permintaan sebelumnya dari klien.

Server harus mengirimkan bidang header koneksi "close" dalam responsnya, karena 408 mengimplikasikan bahwa server telah memutuskan untuk menutup koneksi daripada terus menunggu.

8. 500 Internal Server Error

Berikutnya ada kode 500 Internal Server Error. Kode ini menunjukkan server mengalami kondisi tak terduga yang mencegahnya memenuhi permintaan.

Respons kesalahan ini merupakan respons "semua kesalahan" yang umum. Biasanya, ini mengindikasikan server tidak dapat menemukan kode kesalahan 5xx yang lebih baik untuk merespons. 

9. 502 Bad Gateway

Kode 502 Bad Gateway mengindikasikan server, ketika bertindak sebagai gateway atau proxy, menerima respons yang tidak valid dari server hulu.

Gateway dapat merujuk pada berbagai hal dalam jaringan dan kesalahan 502 biasanya bukan sesuatu yang dapat Anda perbaiki, tetapi membutuhkan perbaikan oleh server web atau proksi yang Anda coba untuk mendapatkan akses.

10. 503 Service Unavailable

Kode 503 Service Unavailable mengindikasikan server tidak siap menangani permintaan. Penyebab umumnya adalah server yang sedang dalam masa pemeliharaan atau kelebihan beban.

Respons ini harus digunakan untuk kondisi sementara dan header HTTP Retry-After harus, jika memungkinkan, berisi perkiraan waktu pemulihan layanan.

11. 504 Gateway Timeout

Kode 504 Gateway Timeout mengindikasikan server, ketika bertindak sebagai gateway atau proxy, tidak mendapatkan respons tepat waktu dari server hulu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan.

[Gambas:Video CNN]

(tim/dmi)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMigQFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL3Rla25vbG9naS8yMDI0MDIyMDEzMjc1OC0xOTItMTA2NDk2My9kYWZ0YXIta29kZS1lcnJvci1kaS1pbnRlcm5ldC10ZXJtYXN1ay00MDQtZGFuLTUwNC1jZWstbWFrbmFueWHSAYUBaHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS90ZWtub2xvZ2kvMjAyNDAyMjAxMzI3NTgtMTkyLTEwNjQ5NjMvZGFmdGFyLWtvZGUtZXJyb3ItZGktaW50ZXJuZXQtdGVybWFzdWstNDA0LWRhbi01MDQtY2VrLW1ha25hbnlhL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Kode Error di Internet Termasuk 404 dan 504, Cek Maknanya - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.