Search This Blog

Pengertian Brainware, Fungsi, Jenis-jenis dan Contohnya - Kompas.com - Tekno Kompas.com

KOMPAS.com - Dalam komputer terdapat tiga komponen utama dan penting. Komponen tersebut meliputi software, hardware, dan brainware. Masing-masing dari perangkat tersebut memiliki peran yang berbeda. Namun dapat menyatukan seluruh sistem komputer.

Brainware adalah seseorang yang menggunakan perangkat komputasi. Fungsi brainware secara ringkas adalah memastikan perangkat komputasi berjalan dengan baik.

Lantas apa yang dimaksud brainware lebih luas lagi? Selengkapnya KompasTekno mengulas pengertian brainware, fungsi, dan jenis-jenisnya di sini.

Baca juga: Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya

Pengertian brainware

Dalam buku Interaksi Manusia dan Komputer karya Tri Rachmadi, brainware dapat diartikan sebagai manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. 

Brainware berperan untuk memastikan perangkat komputer yang digunakan beroperasi sesuai dengan keinginan pengguna.

Istilah lain dari brainware adalah perangkat intelektual. Hal tersebut dikarenakan software dan hardware secanggih apa pun pada perangkat komputer tidak akan berfungsi jika tanpa adanya brainware. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan hardware, software, dan brainware saling berkaitan satu sama lain yang membuat program komputer lancar digunakan.

Fungsi brainware

Brainware memiliki beberapa fungsi utama dalam menunjang berjalannya sistem komputer saat beroperasi antara lain:

Sebagai administrator

Administrator adalah pengguna yang bekerja sebagai pengelola sebuah sistem pada komputer. Seorang administrator memiliki tugas memastikan struktur jaringan pada komputer agar beroperasi dengan baik dan maksimal.

Sebagai operator

Operator merupakan seorang yang melakukan perawatan (maintanance) dan menjalankan sistem komputer. Selain itu peran operator juga memantau dan memastikan perangkat komputer berjalan dengan baik.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiZ2h0dHBzOi8vdGVrbm8ua29tcGFzLmNvbS9yZWFkLzIwMjMvMDEvMjIvMDMwMDAwMDcvcGVuZ2VydGlhbi1icmFpbndhcmUtZnVuZ3NpLWplbmlzLWplbmlzLWRhbi1jb250b2hueWHSAWtodHRwczovL2FtcC5rb21wYXMuY29tL3Rla25vL3JlYWQvMjAyMy8wMS8yMi8wMzAwMDAwNy9wZW5nZXJ0aWFuLWJyYWlud2FyZS1mdW5nc2ktamVuaXMtamVuaXMtZGFuLWNvbnRvaG55YQ?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengertian Brainware, Fungsi, Jenis-jenis dan Contohnya - Kompas.com - Tekno Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.