Search This Blog

Cara Mengganti Background Zoom di HP Android dan iPhone - detikBali

-

Aplikasi Zoom Meeting memiliki salah satu fitur yang berguna ketika rapat online, yakni virtual background atau sering disebut background Zoom. Tak hanya digunakan di PC/laptop, background Zoom ternyata juga bisa dipakai di smartphone.

Namun, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara mengganti background Zoom di HP. Padahal, caranya sangat mudah dan bisa dilakukan di smartphone Android dan iPhone.

Dalam artikel ini, detikBali akan menjelaskan cara mengganti background Zoom di HP Android dan iPhone, serta cara mengatasi apabila background Zoom tidak muncul di smartphone.


Cara Mengganti Background Zoom di HP Android

Bagi detikers pengguna smartphone Android, ada cara mudah untuk mengganti background Zoom. Dilansir situs s9i.com, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Zoom Meeting yang sudah diunduh di smartphone.
  2. Klik opsi 'More' atau ikon titik tiga.
  3. Setelah itu pilih 'Virtual Background'.
  4. Kemudian pilih latar belakang atau background yang disediakan Zoom.
  5. Bila detikers ingin menggunakan background Zoom sesuai keinginan, klik ikon '+' lalu pilih gambar dari galeri smartphone untuk diunggah.
  6. Background Zoom bisa diberikan efek blur agar fokus pada wajah detikers saja.
  7. Jika sudah, klik 'Close' di pojok kanan atas untuk menutup tab virtual background Zoom.
  8. Selesai, background Zoom sudah berubah sesuai gambar yang kamu pilih.

Cara Mengganti Background Zoom di HP iPhone

Apakah cuma pengguna Android saja yang bisa mengganti background Zoom? Tentu tidak. Para pengguna iPhone juga dapat mengganti background Zoom. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Zoom Meeting yang sudah diunduh di smartphone.
  2. Klik opsi 'More' atau ikon titik tiga.
  3. Setelah itu pilih 'Background and Filters'.
  4. Kemudian pilih latar belakang atau background yang disediakan Zoom.
  5. Jika detikers ingin menggunakan background Zoom sesuai keinginan, klik ikon '+' lalu pilih gambar dari galeri smartphone untuk diunggah.
  6. Background Zoom bisa diberikan efek blur agar fokus pada wajah detikers saja.
  7. Bila sudah, klik 'Close' di pojok kanan atas untuk menutup tab virtual background Zoom.
  8. Selesai, background Zoom sudah berubah sesuai gambar yang kamu pilih.

Kenapa Tidak Bisa Mengganti Background Zoom di HP?

Sudah melakukan cara di atas tetapi background Zoom kamu belum berubah? Memang ada beberapa pengguna yang tidak bisa mengubah background Zoom. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengecek sejumlah faktor mengapa background Zoom tidak bisa diubah di HP. Berikut penjelasannya.

1. Ketentuan Perangkat Mobile untuk Virtual

Penyebab pertama background Zoom tidak bisa diganti adalah karena perangkat HP yang digunakan sudah tidak mendukung. Sebab, untuk mendownload aplikasi Zoom di Android dan iPhone, perangkat harus memenuhi operating system (OS) tertentu.

Dilansir situs resmi Zoom, perangkat Android yang bisa menjalankan aplikasi Zoom harus menggunakan OS 5.0 ke atas. Sedangkan di iPhone wajib berada di iOS 11 ke atas. Jika perangkatmu menggunakan OS yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, maka aplikasi Zoom tidak bisa dipakai.

2. Ketentuan Gambar yang Digunakan

Faktor selanjutnya bisa disebabkan oleh gambar yang digunakan. Dikutip dari laman resmi Zoom, ada ketentuan khusus bagi penggunanya yang ingin memakai virtual background, yakni sebagai berikut.

  • Tidak ada batasan ukuran saat menggunakan virtual background di Zoom. Namun, sebaiknya potong (crop) gambar yang ingin digunakan sesuai dengan rasio aspek kamera. Contoh, jika kamera kamu menggunakan rasio 16:9, disarankan gambar berukuran 1280 x 720 pixel atau 1920 x 1080 pixel.
  • Format gambar PNG atau JPG/JPEG 24-bit.
  • Jika tidak yakin dengan aspek rasio kamera HP yang digunakan, disarankan pilih background dengan resolusi minimal 1280 x 720 pixel.

Tips Mengatasi Background Zoom Menyatu dengan Wajah

Ada sejumlah pengguna Zoom mengeluhkan soal virtual background yang tidak berjalan dengan maksimal. Bisa jadi wajah detikers akan menyatu dengan gambar di background. Hal ini tentu sangat mengganggu jalannya rapat, sebab wajahmu tidak terlihat jelas di layar audiens lain.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Jangan memakai pakaian yang warnanya sama dengan gambar background Zoom.
  • Gunakan pencahayaan dan warna yang seragam.
  • Penggunaan kamera berkualitas lebih tinggi dapat menghasilkan gambar background Zoom yang lebih baik.
  • Menggunakan green screen agar kontras warna yang dihasilkan lebih mudah untuk membedakan latar depan dan latar belakang.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai cara mengganti background zoom di HP Android dan iPhone beserta tips mengatasi background Zoom yang tidak muncul dan menyatu dengan wajah. Semoga artikel ini dapat membantu detikers!

Simak Video "Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Kraton Cimahi"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/des)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiY2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9iYWxpL2Jlcml0YS9kLTY1NDE5OTQvY2FyYS1tZW5nZ2FudGktYmFja2dyb3VuZC16b29tLWRpLWhwLWFuZHJvaWQtZGFuLWlwaG9uZdIBZ2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9iYWxpL2Jlcml0YS9kLTY1NDE5OTQvY2FyYS1tZW5nZ2FudGktYmFja2dyb3VuZC16b29tLWRpLWhwLWFuZHJvaWQtZGFuLWlwaG9uZS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Mengganti Background Zoom di HP Android dan iPhone - detikBali"

Post a Comment

Powered by Blogger.