Search This Blog

realme Buds Q, TWS Entry-Level Desain Premium dan Berdaya Tahan Lama - Suara.com - Suara.com

Suara.com - Pasar AIoT di Indonesia, saat ini tergolong cukup ramai dan banyak sekali pilihan merek teknologi. Beberapa merek memberikan fokus mereka kepada AIoT dan pengembangannya di Indonesia, menjadikan AIoT sebagai produk penting kedua dalam peta produk mereka.

Hal ini berlaku juga untuk realme di Indonesia. Merek asal China ini mulai menggulirkan strategi untuk mengembangkan ekosistem AIoT-nya pada awal tahun 2020. Semenjak itu, realme mulai membanjiri pasar Indonesia dengan perangkat AIoT mereka yang tidak kalah berkualitasnya.

Pada Januari lalu, realme telah berhasil meluncurkan produk AIoT mereka, yaitu realme Buds Air, lalu berlanjut pada April dengan realme Band, serta realme Buds Air Neo dan realme Watch, yang baru saja diluncurkan pada 16 Juni lalu. Giatnya realme dalam memberikan pengalaman AIoT kepada masyarakat Indonesia tidak hanya sampai di sana saja, karena di penghujung Juni kemarin, realme kembali meluncurkan realme Buds Q, yaitu salah satu perangkat suara AIoT yang berhasil dikembangkan oleh realme.

Dengan spesifikasi yang mumpuni dan desain yang sangat simpel dan elegan, produk ini terlihat sangat sukses mencuri perhatian masyarakat internet dan Indonesia. Bagaimana dengan performa dan spesifikasinya?

Berikut pengalaman kami mencoba dan menelusuri lebih dalam AIoT terbaru dari realme Indonesia ini, yaitu realme Buds Q.

Baca Juga: Spesifikasi Realme C11 Bocor di Lazada

Desain
Saat membicarakan AIoT, realme terlihat sangat menjunjung tinggi desain dan bentuk dari seluruh produk mereka. realme telah bekerjasama dengan desainer-desainer ternama dan menciptakan “trendsetting co-creation alliance”, yakni rumah atau studio bagi para desainer untuk berkreasi dan menciptakan desain-desain terbaik untuk pengguna realme di seluruh dunia.

Sama halnya dengan realme Buds Q, realme berkerja sama dengan José Levy, yang juga merupakan cooperated designer dari brand kelas atas Hermès, untuk mendesain realme Buds Q secara keseluruhan. Jose Levy sendiri menceritakan bahwa dalam proses desain realme Buds Q, dia terinspirasi dari batu alam atau cobble, dimana desain tersebut menjadikan realme Buds Q berbentuk bulat dengan sentuhan doff pada bagian casenya dan buds-nya.

realme Buds Q. (Dok : realme)
realme Buds Q. (Dok : realme)

realme Buds Q ini juga mempunyai banyak lengkungan dan dibuat sangat bundar, mempertimbangkan kenyamanan para penggunanya. Secara keseluruhan, desain ini terlihat sangat menarik dan simple, namun menyerukan aksen elegan di setiap sudutnya.

Baca Juga: Realme C11 Meluncur 30 Juni, Andalkan Desain Mewah

Sedikit mengagetkan saat realme memberikan informasi bahwa produk ini merupakan produk untuk segment entry-level mereka, karena produk ini sendiri terlihat seperti produk yang solid dengan desain yang premium. Bisa dikatakan jika Anda membeli realme Buds Q merupakan produk Hermès pertama Anda.

realme Buds Q sendiri merupakan perangkat suara yang berbentuk in ear, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan salah satu budsnya, karena normalnya, buds in ear lebih sulit untuk lepas dari telinga saat digunakan. Bentuknya yang bulat yang dicocokkan dengan kontur telinga menjadikan buds ini menjadi salah satu in earbuds yang sangat nyaman untuk digunakan.

Dalam paket penjualan juga disediakan tiga jenis eartips, karet silikon pelapis buds nya yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengguna. Eartips tersedia dalam tiga ukuran, yaitu besar, sedang dan kecil.

Pengalaman Suara
realme Buds Q dilengkapi dengan driver besar dengan bass boost driver 10mm, memberikan bass yang sangat baik saat pemakaian. Driver bass mereka sendiri menggunakan komposit polimer PEEK yang berkualitas tinggi, sehingga dapat memproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi yang baik.

Saat pemakaian, bass dari Buds Q terdengar cukup lembut dan nyaman setelah beberapa kali pemakaian. Dynamic Bass Boost juga diciptakan oleh tim akustik realme yang membuat dinamika dan harmonisasi bass produk ini menjadi lebih baik.

Untuk kualitas suara, realme Buds Q memiliki kualitas yang tinggi yaitu AAC. AAC sendiri merupakan algoritma pengkodean rasio sehingga pengguna dapat merasakan keluaran suara yang lebih baik. Kualitas suara dari produk ini tergolong sangat baik untuk kelasnya, mengingat realme menyatakan bahwa produk ini merupakan produk entry-level mereka.

Tidak hanya itu, realme Buds Q juga memiliki latensi super rendah dalam gaming mode mereka. Jika kita masuk ke dalam Gaming Mode, latensi antara buds dan smartphone berkurang sebanyak 50 persen menjadi hanya 119ms saja. Hal ini tentu saja sangat berguna saat memainkan game yang membutuhkan suara yang sinkron.

Smart Assistance
realme buds Q menggunakan chip R1Q yang dapat mendeteksi realme Buds Q mulai dari saat kita membuka case tersebut. realme sendiri menyediakan banyak kendali sentuh untuk membantu para penggunanya dalam menggunakan realme Buds Q, contohnya pengguna dapat menyentuh buds sebanyak dua kali untuk menjawab panggilan telepon, atau menyentuh buds tiga kali jika ingin memainkan lagu selanjutnya.

Pengguna juga dapat menahan kedua buds untuk masuk ke dalam mode gaming yang rendah latensi. Semua mode ini dapat diatur oleh pengguna untuk kenyamanan mereka dalam aplikasi realme Link.

Baterai
realme Buds Q memiliki kapasitas baterai 400mAh yang tersimpan dalam kasing yang bisa dicas, dimana setiap buds memiliki baterai kapasitas sebesar 40mAh. Saat keluar dari box, pengguna diharuskan untuk menyambungkan terlebih dahulu realme Buds Q kepada listrik agar bisa menyala. realme Buds Q ini sendiri berhasil bertahan hingga 2-3 jam untuk pemakaian nonstop saat bertelepon dan mendengarkan musik, serta pengisian casing hanya dilakukan setelah 4-5 hari.

Verdict
Sebagai TWS yang memiliki harga normal Rp 399 ribu, realme Buds Q merupakan salah satu produk terbaik di segment entry-level saat ini. Dengan desain yang premium dan simple, realme Buds Q mampu memberikan performance yang sangat memuaskan. Sistem penyambungan dari unit ke smartphone juga tergolong tidak sulit dan otomatis tersambung ketika unit sudah terkoneksi dengan smartphone Anda.

Beberapa hal yang disayangkan dari produk ini hanyalah system pengisian dayanya yang masih menggunakan micro USB, namun hal tersebut tidak terlalu berdampak kepada performa dari realme Buds Q sendiri. Lagipula, aksesoris dengan Micro USB masih banyak ditemukan dipasar dan beberapa smartphone masih menggunakan port ini.

Hadir dalam tiga warna, yaitu Hitam, Putih dan Kuning, realme Buds Q memberikan nuansa segar dalam pasar TWS di entry level dan performa yang bersaing dan kualitas yang baik. Besar kemungkinan TWS ini menjadi salah satu TWS yang paling dicari di kelasnya.

  • Lihat Semua

Let's block ads! (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/__i/rss/rd/articles/CBMiemh0dHBzOi8vd3d3LnN1YXJhLmNvbS90ZWtuby8yMDIwLzA3LzAxLzA4MDAwMC9yZWFsbWUtYnVkcy1xLXR3cy1lbnRyeS1sZXZlbC1kZXNhaW4tcHJlbWl1bS1kYW4tYmVyZGF5YS10YWhhbi1sYW1hP3BhZ2U9YWxs0gFxaHR0cHM6Ly9hbXAuc3VhcmEuY29tL3Rla25vLzIwMjAvMDcvMDEvMDgwMDAwL3JlYWxtZS1idWRzLXEtdHdzLWVudHJ5LWxldmVsLWRlc2Fpbi1wcmVtaXVtLWRhbi1iZXJkYXlhLXRhaGFuLWxhbWE?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "realme Buds Q, TWS Entry-Level Desain Premium dan Berdaya Tahan Lama - Suara.com - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.