Search This Blog

Wow, Jepang Pecahkan Rekor Koneksi Internet Tercepat 402 Tbps! Indonesia? - detikJatim

Surabaya -

Tim peneliti di Jepang baru saja memecahkan rekor koneksi internet tercepat di dunia. Bukan main-main. Eksperimen ini berhasil mencatatkan kecepatan internet hingga 402 Tbps!

Menariknya, tim peneliti dari National Institute of Information and Communications Technology (NICT) itu tidak menggunakan banyak peralatan aneh untuk mencapai rekor baru ini. Mereka hanya menggunakan kabel fiber optik standar dengan sejumlah teknologi penguat sinyal.

NICT mengatakan metode baru ini yang mengakses pita wavelength yang tidak pernah digunakan sebelumnya, bisa memiliki peran penting dalam jaringan teknologi masa depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Teknologi baru yang dikembangkan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk memperluas kapasitas komunikasi infrastruktur, komunikasi optik seiring meningkatnya permintaan layanan data di masa depan," ujar NICT dikutip detikInet dari The Independent, Selasa (2/7/2024).

Rekor koneksi internet tercepat di dunia ini berjuta-juta kali lipat lebih kencang daripada koneksi internet mobile dan broadband di Indonesia. Laporan Global Speedtest Index yang dirilis Ookla pada Maret 2024, koneksi internet mobile di Indonesia hanya 25,83 Mbps dan koneksi internet fixed broadband 29,37 Mbps.

ADVERTISEMENT

Berkat kecepatan internet hingga 402 Tbps, pengguna internet bisa men-download 12.500 film dalam satu detik, tiga kali lebih besar dari katalog film yang ditawarkan Netflix. Game AAA seperti Baldur's Gate yang ukurannya ratusan GB juga bisa di-download dalam hitungan milidetik.

Rekor baru ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak Aston University di Inggris. Pada Maret lalu, Aston University yang merupakan salah satu mitra NICT dalam proyek ini mencatat kecepatan internet hingga 301 Tbps menggunakan kabel fiber optik standar.

NICT berencana memperluas teknologi transmisi data berkecepatan tinggi untuk meliputi jarak yang lebih jauh hingga lintas samudera. Namun mereka mengakui penerapan teknologi ini secara publik membutuhkan banyak pertimbangan.

Meski menggunakan kabel fiber optik standar, rekor ini bisa dicapai dalam kondisi laboratorium yang optimal. Jika terobosan ini diterapkan di dunia nyata maka diperlukan penelitian yang ekstensif dan sumber daya yang besar.

Artikel ini sudah tayang di detikInet. Simak selengkapnya di sini.


(dpe/iwd)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMic2h0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYXRpbS9iZXJpdGEvZC03NDE5OTkwL3dvdy1qZXBhbmctcGVjYWhrYW4tcmVrb3Ita29uZWtzaS1pbnRlcm5ldC10ZXJjZXBhdC00MDItdGJwcy1pbmRvbmVzaWHSAXdodHRwczovL3d3dy5kZXRpay5jb20vamF0aW0vYmVyaXRhL2QtNzQxOTk5MC93b3ctamVwYW5nLXBlY2Foa2FuLXJla29yLWtvbmVrc2ktaW50ZXJuZXQtdGVyY2VwYXQtNDAyLXRicHMtaW5kb25lc2lhL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wow, Jepang Pecahkan Rekor Koneksi Internet Tercepat 402 Tbps! Indonesia? - detikJatim"

Post a Comment

Powered by Blogger.