Search This Blog

Google Pixel 8a Resmi dengan Tensor G3 dan 7 Tahun Jaminan Update OS - Gizmologi.ID

Jakarta, Gizmologi – Tanpa sebuah acara peluncuran khusus bahkan bersamaan dengan waktu Apple memperkenalkan iPad baru, Google secara tiba-tiba meresmikan opsi Pixel paling terjangkaunya, Google Pixel 8a. Sesuai dengan bocoran yang muncul sebelumnya, smartphone Google terbaru ini membawa sejumlah fitur dan hardware dari Pixel 8.

Pixel a Series selalu hadir setiap tahunnya untuk memberikan konsumen opsi lebih terjangkau dalam merasakan pengalaman smartphone Pixel. Alih-alih fokus pada spesifikasi di atas kertas, Google lebih memilih untuk mengintegrasikan sejumlah fitur berbasis AI. Seperti editor foto, video, sampai Gemini AI yang disematkan secara sistem-wide alias menyeluruh ke semua bagian OS.

Dengan kenaikan harga, Google Pixel 8a memiliki lebih banyak fitur dari sang kakak, namun dalam desain yang dibuat sedikit berbeda. Keempat sudut perangkat dibuat lebih tumpul, meski tetap membawa signature desain kamera belakangnya yang ikonik. Hadir dalam beragam opsi warna cerah menarik, dan dalam dimensi cukup mungil.

Baca juga: Navigasi Google Maps Kini Punya Saran Rute Paling Efisien Buat Mobil Listrik

Unggulkan Fitur Kamera Berbasis AI

Google Pixel 8a

Seperti generasi sebelumnya, layar Google Pixel 8a berukuran 6,1 inci. Namun kali ini sudah mengusung Actua Display, yakni sebuah layar OLED full HD+ yang sudah memiliki refresh rate adaptif 60-120Hz, naik dari yang sebelumnya hanya 90Hz. Begitu pula dengan tingkat kecerahannya yang setara flagship, sampai 2000 nits.

Bezel layarnya memang masih tergolong tebal, namun bagian depan sudah terproteksi Gorilla Glass 3. Tak hanya itu, juga membawa proteksi IP67 yang membuatnya tahan debu dan air. Serta lapisan tahan bekas sidik jari agar Google Pixel 8a tidak mudah kotor. Bodi belakangnya gunakan material plastik, dengan bingkai aluminium.

Google Pixel 8a (Sumber: Engadget)

Pada sektor kamera Google Pixel 8a mengusung dua sensor berbeda di sisi belakang, yakni 64MP f/1.89 sebagai sensor utama yang mendukung OIS+EIS, serta 13MP f/2.2 ultra-wide tanpa autofokus. Seperti smartphone Pixel terbaru lainnya, dibekali dengan kemampuan 5x Super Res Zoom. Dan ketiga kamera termasuk kamera selfie 13MP f/2.2 di depan bisa rekam video hingga 4K.

Google juga menyematkan fitur-fitur canggih terkait kamera pada Google Pixel 8a. Sebut saja Best Take yang secara otomatis bisa mengubah ekspresi masing-masing wajah dalam foto, Photo Unblur, Face Unblur, sampai Magic Editor yang bisa menghapus hingga memindahkan objek di dalam gambar—sebuah fitur yang juga diunggulkan oleh Samsung lewat lini flagship Galaxy S24 Series.

Selain itu, juga ada fitur Audio Magic Eraser, yang secara otomatis bisa menghapus noise dalam video seperti suara keramaian hingga hembusan angin, agar suara dari perekam bisa terdengar lebih jelas. Serta membawa algoritma Real Tone yang sudah hadir sejak beberapa generasi terakhir, memastikan warna kulit akurat dari semua foto yang ditangkap dari Google Pixel 8a.

Performa Google Pixel 8a Meningkat, Bawa Gemini AI

Google Pixel 8a

Fitur-fitur kamera canggih Google Pixel 8a, hadir berkat penggunaan cip Google Tensor G3, dikombinasikan bersama RAM 8GB LPDDR5x dan pilihan penyimpanan yang kini sampai 256GB. Selain kamera, Gemini AI juga hadir untuk membantu keseharian, seperti membuat ringkasan email dan lainnya.

Baterai Google Pixel 8a berkapasitas 4,492 mAh, diklaim bisa digunakan lebih dari sehari penuh, dan sampai 3 hari dengan mode hemat daya. Pengisiannya masih sebatas 18W saja, namun sudah mendukung wireless charging. Hadir dengan Android 14, diberikan jaminan pembaruan hingga 7 tahun, termasuk versi OS serta keamanan rutin.

Harga Google Pixel 8a dijual mulai USD499, atau sekitar Rp8 jutaan. Sementara di India signifikan lebih mahal, yakni INR52,999 atau sekitar Rp10 jutaan. Membawa kelas flagship edisi terjangkau, tentu akan sulit bersaing dengan penawaran lain yang sudah ada di pasaran—bila memang konsumen di Indonesia mendapatkan opsi serupa di India. Sayangnya, sampai saat ini smartphone Google belum bisa hadir secara resmi.

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiSWh0dHBzOi8vZ2l6bW9sb2dpLmlkL2dhZGdldC9zbWFydHBob25lL2dvb2dsZS1waXhlbC04YS1yZXNtaS1zcGVzaWZpa2FzaS_SAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Google Pixel 8a Resmi dengan Tensor G3 dan 7 Tahun Jaminan Update OS - Gizmologi.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.