Search This Blog

7 Tips dan Trik untuk Merancang Permintaan Efektif saat Menggunakan Teknologi AI - mediaindonesia.com

7 Tips dan Trik untuk Merancang Permintaan Efektif saat Menggunakan Teknologi AI
Tangkapan layar saat menggunakan teknologi AI Chat GPT(Ilustrasi)

MEMINTA bantuan dari kecerdasan buatan atau artificial inteligent (AI) bukanlah hal yang sederhana seperti hanya mengetik beberapa kata lalu menekan tombol "Enter". Penting untuk memahami bahwa merancang permintaan yang efektif kepada chatbot AI adalah kunci untuk mendapatkan informasi yang relevan dan berguna.

Di era di mana teknologi terus berkembang dengan cepat, kita menyaksikan lahirnya dunia baru dalam teknik meminta bantuan dari AI. Semua orang, dari berbagai latar belakang, sedang berusaha keras untuk memahami dan menyempurnakan seni merancang permintaan kepada AI. Meskipun proses ini bisa terasa rumit, namun Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dalam meminta bantuan dari AI dengan mengikuti beberapa tips dan trik yang akan saya bagikan di artikel ini.

1. Berusahalah untuk menjadi sangat detail

Untuk memperoleh hasil yang lebih akurat dari AI, sangat penting untuk menjadi sangat spesifik dalam permintaan Anda. Ini adalah kesalahan umum yang sering terjadi ketika menggunakan berbagai alat AI seperti Chat GPT dan Microsoft Copilot. Jika Anda ingin AI menghasilkan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda perlu menjelaskan dengan tepat apa yang Anda cari.

Baca juga : 10 Aplikasi AI Terlaris di Tanah Air, Chat GPT Paling Unggul

Misalnya, jika Anda ingin AI membuatkan rencana latihan gym baru, memberikan instruksi umum seperti "Tolong buat rencana gym untuk lima hari per minggu" cenderung menghasilkan jawaban yang tidak memenuhi harapan. Sebaliknya, permintaan yang lebih baik adalah dengan memberikan detail yang spesifik seperti, "Tolong buat rencana fitness dan diet yang mencakup lima sesi latihan per minggu. Saya ingin mencampur latihan angkat beban dengan latihan interval intensitas tinggi, dengan asumsi saya sudah berolahraga selama 10 tahun. Saya berusia 28 tahun, tinggi 182 cm, dan berat 90 kilogram. Saya tidak alergi terhadap makanan tertentu, tetapi saya sensitif terhadap nasi dan tidak ingin minum alkohol."

Dengan memberikan informasi yang lebih rinci dan spesifik, Anda meningkatkan kemungkinan AI menghasilkan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

2. Setelah mendapat jawaban pertama, ajukan pertanyaan tambahan

Ketika Anda menggunakan alat seperti ChatGPT secara rutin, Anda akan menyadari bahwa jawaban awal yang Anda terima tidak selalu mencukupi. Mirip dengan cara Anda bertanya lebih lanjut kepada seseorang untuk mendapatkan informasi tambahan, hal yang sama berlaku saat Anda meminta bantuan dari AI.

Baca juga : Google Bard Punya Kelebihan Dibanding ChatGPT

Sebagai contoh, kami baru-baru ini meminta alat AI kami untuk menyusun rencana perjalanan selama tiga hari di San Francisco untuk pasangan. Meskipun kami telah menggunakan tip pertama yang disebutkan sebelumnya untuk membuat permintaan yang lebih spesifik, kami masih merasa perlu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Oleh karena itu, kami meminta rekomendasi hotel yang sesuai dengan anggaran kami. Dengan begitu, kami dapat menghasilkan jawaban yang lebih lengkap dan terperinci.

Sebagai aturan umum, pastikan untuk mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang diperlukan untuk mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan. Selain itu, pertimbangkan apakah layanan AI premium layak untuk diinvestasikan, terutama jika Anda memerlukan hasil yang lebih baik dan lebih spesifik.

3. Uraikan hal-hal yang tidak berhasil ketika Anda membuat permintaan di masa lalu

Ketika Anda semakin sering menggunakan prompt AI, Anda akan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil untuk Anda. Anda akan mengidentifikasi mana prompt yang efektif dan mana yang membingungkan alat yang Anda gunakan. Setelah Anda menjadi lebih terbiasa dengan AI, penting untuk dengan jelas menggambarkan apa yang tidak berhasil dalam permintaan Anda sebelumnya.

Baca juga : 8 Fakta dan Cara Kerja Google Bard, Saingannya ChatGPT

Hal ini khususnya relevan jika Anda berniat menggunakan alat AI tingkat lanjut seperti DALL-E 3 untuk menghasilkan gambar. Seringkali, draft awal tidak memenuhi ekspektasi, dan mungkin terdapat kekurangan, misalnya dalam menggambarkan detail seperti bendera.

Selain mencatat kegagalan dalam permintaan sebelumnya, Anda juga mungkin ingin menjelaskan apa yang tidak berhasil dan apa yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda sedang merancang program latihan baru, berguna untuk mempertimbangkan makanan yang mungkin telah menyebabkan reaksi negatif pada diri Anda sebelumnya.

4. Hindari memberikan terlalu banyak tugas pada AI Anda secara bersamaan

Menghindari kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan alat bantu AI tidak selalu mudah, namun satu kesalahan utama yang seringkali muncul adalah mencoba memaksakan alat untuk melakukan banyak tugas sekaligus.

Baca juga : Opera Siapkan Opera One, Dilengkapi AI dan Fitur Manajemen Tab

Meskipun program AI umumnya mampu menghasilkan tanggapan dalam waktu singkat, mereka hanya dapat fokus pada satu tugas pada satu waktu. Jika Anda mencoba untuk meminta terlalu banyak hal sekaligus, Anda mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Terkadang, Anda mungkin mulai membuat permintaan tetapi menyadari bahwa Anda perlu menambahkan informasi tambahan. Ketika hal ini terjadi, disarankan untuk menghentikan atau mengedit permintaan saat ini dan memasukkan detail yang diperlukan sebelum meminta jawaban kembali.

Setelah Anda menerima tanggapan dari satu permintaan, Anda dapat melanjutkan ke permintaan berikutnya hingga Anda merasa puas dengan semua informasi yang Anda terima. Meskipun ini mungkin memakan waktu lebih lama, tetapi melakukan satu tugas pada satu waktu sering kali meningkatkan efektivitas, dan hal ini juga berlaku saat bekerja dengan AI Anda.

5. Sampaikan pada alat AI Anda hal-hal yang tidak Anda inginkan dijawab

Ingatlah pada poin pertama di mana kami menyarankan Anda untuk menjadi sangat spesifik? Ini juga berarti bahwa Anda harus menjelaskan pada alat AI Anda apa yang tidak ingin Anda sertakan dalam jawaban Anda. Meskipun AI generatif dapat menghasilkan berbagai hasil yang menarik, namun AI tidak dapat menebak dengan pasti apa yang Anda inginkan.

Saat Anda merancang prompt Anda, pastikan untuk secara jelas mengindikasikan apa yang tidak ingin Anda lihat dalam jawaban Anda. Sebagai contoh, jika Anda merencanakan sebuah perjalanan, mungkin akan berguna untuk menyatakan bahwa Anda tidak ingin bergabung dengan tur atau lebih suka menghindari tempat-tempat wisata yang ramai.

Kadang-kadang, alat AI Anda akan memberikan beberapa pilihan dalam jawaban yang diberikan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

6. Jika ada, silakan muatkan gambar atau berkas

Memuat gambar atau file sering kali meningkatkan efektivitas prompt AI Anda secara signifikan. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat resume satu halaman menggunakan AI, disarankan untuk mengunggah file PDF yang ada dan meminta umpan balik. Anda juga dapat menggunakan beberapa plugin untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik, terutama jika Anda menggunakan ChatGPT.

Sebagai alternatif, jika Anda menggunakan AI untuk membuat karya seni, merupakan ide yang baik untuk mengunggah gambar yang dapat digunakan sebagai referensi bagi alat AI.

Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan AI Foto atau alat serupa untuk memanipulasi gambar diri Anda sendiri, mengunggah selfie, potret, atau gambar lainnya dapat membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan. Beberapa alat AI bahkan dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dari file PDF Anda, jika Anda memerlukan lebih banyak klarifikasi.

7. Tentukan di mana Anda berencana untuk menggunakan respon dari permintaan Anda

Terkadang, hasil yang dihasilkan oleh permintaan AI Anda mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan tempat di mana Anda berencana untuk menggunakannya. Sebagai contoh, jika Anda berniat membuat postingan untuk platform Instagram, Anda mungkin tidak ingin alat AI memberikan teks yang terlalu panjang.

Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan profil LinkedIn Anda dengan bantuan AI, mungkin Anda memerlukan sesuatu yang lebih formal. Jika Anda merencanakan untuk menggunakan informasi dari permintaan AI Anda secara online, disarankan untuk dengan jelas menentukan di mana Anda akan menggunakannya. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari perlu melakukan banyak penyuntingan terhadap hasil yang diberikan.

Meminta bantuan AI membutuhkan waktu untuk mencapai tingkat kompetensi yang diinginkan, dan Anda perlu menyesuaikan cara Anda mengetik tergantung pada alat yang Anda gunakan dan informasi yang ingin Anda peroleh. Namun, berita baiknya adalah bahwa dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu sedikit penyesuaian untuk membuat permintaan Anda menghasilkan respons yang lebih sesuai. Setelah membaca panduan ini, Anda seharusnya memiliki kemampuan yang lebih baik untuk melakukan permintaan dengan lebih efisien. (Z-10)

 

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMifGh0dHBzOi8vbWVkaWFpbmRvbmVzaWEuY29tL3Rla25vbG9naS82Njk0MjIvNy10aXBzLWRhbi10cmlrLXVudHVrLW1lcmFuY2FuZy1wZXJtaW50YWFuLWVmZWt0aWYtc2FhdC1tZW5nZ3VuYWthbi10ZWtub2xvZ2ktYWnSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Tips dan Trik untuk Merancang Permintaan Efektif saat Menggunakan Teknologi AI - mediaindonesia.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.