Search This Blog

Apple Tiru Samsung, iPhone 16 Makin Mirip HP Android - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah tertinggal jauh dari pabrikan HP Android, Apple akhirnya bersiap menggenjot teknologi kecerdasan buatan (AI) di iPhone generasi selanjutnya.

CEO Apple Tim Cook telah mengumbar rencana investasi besar-besaran ke teknologi AI. Kabarnya, Apple telah berdiskusi dengan beberapa perusahaan AI, salah satunya OpenAI.

Apple diprediksi akan memperkenalkan kemampuan AI melalui sistem operasi iOS 18 yang dijadwalkan meluncur pada bulan depan dalam ajang tahunan Worldwide Developers Converence (WWDC).

Agaknya, Apple akan memperkenalkan fitur AI yang dibangun berbasis large language model (LLM) miliknya, serupa dengan ChatGPT. Bisa jadi fitur itu akan ditanam pada asisten digital Siri.

Siri yang dibekali LLM diharapkan bisa lebih pintar dan fleksibel dalam membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, Siri bisa memroses perintah berdasarkan konteks yang lebih natural.

Pengguna dan Siri bisa berdikusi dengan lebih alami. Selain itu, LLM Apple memiliki kelebihan dibandingkan buatan Google, yakni privasi.

Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan yang mementingkan privasi pengguna. LLM Apple kabarnya akan berjalan langsung pada perangkat iPhone, sehingga tidak disimpan pada cloud.

Pelatihan AI tersebut juga lebih personal berdasarkan obrolannya dengan tiap pengguna iPhone.

Para peneliti Apple baru-baru ini mempublikasikan dokumen yang merinci cara menjalankan LLM dengan lebih efisien, yakni langsung di ponsel pengguna.

Jika Apple bisa mengimplementasikan teknologi tersebut secara komersil, artinya pengguna tak perlu khawatir informasinya bocor. Sebab, Apple sendiri tak bisa mengaksesnya.

Selain pada fitur Siri, Apple AI juga dikatakan akan mengakar di berbagai aplikasi bawaan iPhone. Misalnya di Apple Music untuk membantu membuat playlist dan rekomendasi secara otomatis dan akurat berdasarkan selera pengguna.

Aplikasi Keynote juga dikatakan akan dibekali kapabilitas AI, sehingga memudahkan pengguna membuat presentasi.

Aplikasi-aplikasi populer lain seperti Apple Maps, Apple Photos, dan lainnya juga dikatakan akan dibekali kemampuan AI.

Jika benar, sepertinya implementasi AI pada iPhone 16 akan mirip dengan Samsung Galaxy S24. Hal ini akan makin meningkatkan daya saing di pasar HP premium.

Namun, berbagai bocoran soal kapabilitas AI pada iPhone generasi selanjutnya belum dikonfirmasi Apple. Gambarannya akan lebih jelas ketika Apple memperkenalkan iOS 18 bulan depan. Kita tunggu saja!


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

iPhone 15 Tak Laku, Apple Banting Harga Gila-Gilaan di China


(fab/fab)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMib2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyNDA1MDYxNzA4MTQtMzctNTM2MTU3L2FwcGxlLXRpcnUtc2Ftc3VuZy1pcGhvbmUtMTYtbWFraW4tbWlyaXAtaHAtYW5kcm9pZNIBc2h0dHBzOi8vd3d3LmNuYmNpbmRvbmVzaWEuY29tL3RlY2gvMjAyNDA1MDYxNzA4MTQtMzctNTM2MTU3L2FwcGxlLXRpcnUtc2Ftc3VuZy1pcGhvbmUtMTYtbWFraW4tbWlyaXAtaHAtYW5kcm9pZC9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apple Tiru Samsung, iPhone 16 Makin Mirip HP Android - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.