Search This Blog

Apa Fungsi Tulang Baja dalam Coran Beton? - Detikcom

Daftar Isi

Jakarta -

Beton adalah salah satu poin utama yang penting di dalam sebuah konstruksi bangunan. Biasanya beton digunakan sebagai pelat, dinding, pondasi, frame, dan komoponen lain dari sebuah konstruksi bangunan.

Bahan dasar dari beton biasanya terdiri pasir, kerikil, dan batu split yang dicampurkan dengan bahan pengikat semen dan air.

Tidak hanya itu, dalam proses pencetakan beton, di bagian tengahnya sering ditambahkan rangkaian baja tulangan. Mengapa demikian?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kenapa Beton Perlu Diisi Tulangan Baja di Dalamnya?

Dikutip dari builderspace.com, Beton sendiri sebenarnya tidak sekuat yang kamu bayangkan. Beton memang memiliki daya tahan gaya kompresi yang sangat kuat. Namun di sisi lain, beton tidak mampu menahan gaya tarik. Selain itu, beton juga memiliki tingkat kelenturan yang rendah.

Sebagai contoh, bangunan kuno di Roma seperti Colosseum dan Parthenon. Bangunan tersebut bisa berdiri hingga ribuan tahun lamanya. Hal ini menunjukkan bahwa beton bisa menahan gaya kompresi dengan sangat baik.

ADVERTISEMENT

Sebaliknya, beton memiliki daya tahan gaya tarik dan kelenturan yang kurang baik.

Sebagai bayangan, silinder yang terbuat dari semen yang dicampur dengan banyak air bisa menahan gaya tekanan kompresi hingga 450 kg. Namun, bila silinder yang sama dijadikan sebagai tempat bergantung beban seberat 36 kg, beton tersebut akan pecah atau rusak. Hal ini membuktikan bahwa beton memiliki daya tahan gaya tarik di bawah 10% dibandingkan dengan gaya kompresi.

Maka dari itu, beton perlu didukung dengan baja tulangan di dalamnya untuk meningkatkan daya tahan tariknya serta membuatnya lebih lentur sehingga tidak mudah pecah atau rusak ketika beton sedikit membengkok.

Alasan Menggunakan Baja Tulangan Sebagai Pendukung Beton

1. Tingkat kelenturan yang Tinggi

Baja memiliki tingkat kelenturan yang tinggi. Kelenturannya ini akan sangat membantu hasil cetakan beton supaya tidak mudah rusak ketika diberikan beban yang membuatnya membengkok.

Fungsinya adalah untuk menjaga struktur bangunan agar tetap utuh. Ketika beton tersebut membengkok, beton tersebut tidak akan langsung runtuh dan masih bisa menopang beban bangunan tersebut.

2. Beton dan Baja Memiliki Koefisien Muai Panas yang Sama

Ketika benda padat dipanaskan, molekul di dalam material tersebut akan bergerak lebih cepat. Atom-atom yang aktif ini akan memakan tempat lebih banyak ketika bergerak, oleh karena itu, benda padat tersebut akan mengembang. Sebaliknya, ketika dingin benda tersebut akan mengecil.

Setiap bahan material memiliki koefisien muai yang beragam, maka dari itu penggunaan baja yang memiliki koefisien sama dengan beton menjadi salah satu alasannya.

Itulah alasan mengapa beton selalu diisi dengan baja tulangan di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Simak Video "Sejumlah Pemotor Tabrak Beton Pembatas Jalan Tanpa Rambu di Kemayoran"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Adblock test (Why?)

Baca lengkap https://news.google.com/rss/articles/CBMiYmh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9wcm9wZXJ0aS90aXBzLWRhbi1wYW5kdWFuL2QtNzMyMDkzMC9hcGEtZnVuZ3NpLXR1bGFuZy1iYWphLWRhbGFtLWNvcmFuLWJldG9u0gFmaHR0cHM6Ly93d3cuZGV0aWsuY29tL3Byb3BlcnRpL3RpcHMtZGFuLXBhbmR1YW4vZC03MzIwOTMwL2FwYS1mdW5nc2ktdHVsYW5nLWJhamEtZGFsYW0tY29yYW4tYmV0b24vYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Fungsi Tulang Baja dalam Coran Beton? - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.